Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

EKBIS · 27 Agu 2023 15:34 WIB ·

Kunjungan di Klaten, Wamendes Paiman Ingatkan BUMDesa Maju Jika Inovatif dan Kreatif


 KLATEN - Paiman Raharjo Wakil Menteri Desa, PDTT Beserta Bupati Klaten  Sri Mulyani, Wabup Klaten  Yoga Hardaya, Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, DT dan Transmigrasi Ditjen PEID  Adityawarman Darudono, Direktur Pengembangan Kelembagaan ekonomi desa, DT dan Transmigrasi  Nugroho Setijo Negoro, Sekda Klaten  Jajang Prihono,  Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Kab. Klaten, Kades Gemblegan  Waluyo 
Meninjau UMKM di Kec. Kalikotes  Kab. Klaten dan Acara Pelepasan Bibit ikan di Embung Gemblegan. Serta Acara Tatap Muka dengan para Kepala desa, Pendamping Desa dan warga Masyarakat.  Sabtu, 26/8/2023 
Foto : Nugrah S. Humas Kemendesa Perbesar

KLATEN - Paiman Raharjo Wakil Menteri Desa, PDTT Beserta Bupati Klaten Sri Mulyani, Wabup Klaten Yoga Hardaya, Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, DT dan Transmigrasi Ditjen PEID Adityawarman Darudono, Direktur Pengembangan Kelembagaan ekonomi desa, DT dan Transmigrasi Nugroho Setijo Negoro, Sekda Klaten Jajang Prihono, Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Kab. Klaten, Kades Gemblegan Waluyo Meninjau UMKM di Kec. Kalikotes Kab. Klaten dan Acara Pelepasan Bibit ikan di Embung Gemblegan. Serta Acara Tatap Muka dengan para Kepala desa, Pendamping Desa dan warga Masyarakat. Sabtu, 26/8/2023 Foto : Nugrah S. Humas Kemendesa

Klaten (DESA MERDEKA) – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo bertatap muka dengan pemerintah dan masyarakat desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (26/8/2023).

Dalam kegiatan ini, Wamendes Paiman didampingi Direktur Perencanaan Teknis Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ditjen PEID Adityawarman Darudono dan Direktur Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nugroho Setijo Negoro.

Selain itu, kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Klaten Sri Mulyani dan Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, Sekda Kabupaten Klaten Jajang Prihono, sejumlah jajaran dari Pemkab Klaten dan Kepala Desa Gemblegan Waluyo.

Dalam arahannya, Wamendes Paiman menyampaikan terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang menjadi motor penggerak ekonomi di desa.

Menurutnya, BUMDesa yang merupakan salah satu badan usaha milik desa yang sudah berbadan hukum ini bisa menjadi sinergitas antara Pemerintah Desa dengan Masyarakat dalam hal peningkatan ekonomi warga desa maupun desa.

“BUMDesa ini bisa maju dan berkembang jika ada inovatif, kreatifitas dan kerjasama. Peran dari BUMDesa ini harus bisa memanfaatkan potensi – potensi yang ada didesa,” kata Rektor Universitas Moestopo Beragama ini.

Menurut Paiman, jika potensi desa itu digali, lalu pertumbuhan ekonomi disetiap desa meningkat maka akan menopang pertumbuhan ekonomi regional.

“Kalau pertumbuhan ekonomi regional naik maka akan menopang dan mewujudkan ketahanan ekonomi nasional,” kata Wamendes Paiman.

Sementara itu, Bupati Klaten Sri Mulyani bahwa hingga saat ini di Kabupaten Klaten telah terbentuk 391 BUMDes yang mengelola berbagai macam usaha diantaranya yakni mengelola wisata desa, wisata air, toko bangunan, simpan pinjam dan lainnya.

“BUMDesa di Klaten sudah terkenal sejak adanya Ponggok yang telah berkembang. Kami berharap dengan adanya BUMDesa di setiap desa di Klaten bisa seperti Ponggok yang terus meningkatkan perekonomian desa dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa sehingga masyarakat menjadi sejahtera,” kata Sri Mulyani.

Sementara itu, Kepala Desa Gemblegan Waloya menginformasikan di desa Gemblegan memiliki potensi alam yang melimpah atau cukup baik.

“Kami memiliki kolam atau embung yang luas. Dari dulu embung atau kolam itu tidak pernah kering dan kami selalu memikirkan bagaimana embung itu bermanfaat untuk masyarakat sekitar sehingga kami percayakan kepada BUMDesa untuk mengelola potensi-potensinya yang ada didesa seperti mengelola embung atau kolam,” kata Waloya.

Dalam kesempatan itu, Wamendes Paiman menyerahkan bantuan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) kepada BUMDesa Gema Jaya Desa Gemblegan sebesar Rp 75 juta dan menyerahkan sertifikat pendaftaran pendirian badan hukum BUMDesa yang diterbitkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Selain itu, Wamendes Paiman juga melakukan peninjauan sejumlah produk UMKM dan melakukan peninjauan Embung sekaligus melakukan Pelepasan Bibit Ikan.

Kemendes PDTT

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal

28 Maret 2024 - 20:43 WIB

Presiden Joko Widodo berkunjung pasar diwonogiri

2 Februari 2024 - 05:59 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitasi 1.000 NIB UMKM Sragen

22 Desember 2023 - 16:04 WIB

PBI Gerbangmassa Fasilitaasi 1.000 NIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Anggota Komisi VI DPR RI Luluk Nur Hamidah

5 Desember 2023 - 11:46 WIB

KPPU Lakukan Sosialisasi Peran KPPU Bersama Luluk Nur Hamidah

Pinang Wangi Sikucua Padang Pariaman menjadi Varietas Unggul Baru 2023

30 Oktober 2023 - 10:29 WIB

Benarkah Nasib Usaha Kecil Dilibas Social Commerce?

16 Oktober 2023 - 23:11 WIB

Trending di EKBIS