Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 28 Apr 2023 21:59 WIB ·

Kulon Progo Dorong Pengembangan Desa Wisata Melalui Pameran Ekonomi Kreatif


 Kulon Progo Dorong Pengembangan Desa Wisata Melalui Pameran Ekonomi Kreatif Perbesar

Kulon Progo ( DESA MERDEKA ) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata gelar Pameran Ekonomi Kreatif 2023 berlangsung di Pantai Congot, Temon pada 26 sampai 27 April 2023. Kegiatan ini guna mendorong pengembangan desa wisata berbasis ekonomi kreatif di Kulon Progo.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito menyampaikan pameran yang didukung Dana Keistimewaan ini merupakan salah satu upaya menumbuh kembangkan desa wisata dengan basis ekonomi kreatif yang diharapkan mampu mengangkat identitas lokal pada setiap desa wisata.

“Tahun ini kita melibatkan seluruh desa wisata yang ada di Kulon Progo, jadi inilah salah satu upaya kami agar tumbuh berkembang indentitas lokal di desa-desa wisata kita di Kulon Progo ini,” ujarnya

Joko menjelaskan, kegiatan ini juga sebagai media pelatihan sekaligus kompetisi untuk mengukur sejauh mana kesiapan dan keseriusan desa-desa wisata dalam mengembangkan produk-produk wisatanya.

“Kita akan mencari desa-desa wisata yang betul-betul siap untuk sewaktu-waktu untuk mengikuti pameran-pameran sejenis, ini merupakan bagian dari latihan sekaligus kita kompetisikan agar pembinaan yang kita lakukan ini bisa terukur dengan baik, akan kita ambil enam terbaik dengan titik berat pada bagaimana desa wisata ini bisa menumbuh kembangkan identitas lokal dalam bentuk ekraf,” jelas Joko.

Ditambahkan Joko, dalam suasana lebaran, pameran ini juga bertema Tontonan Hari Raya (THR) untuk turut dimeriahkan pula dengan penampilan grup musik asli Kulon Progo yang diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk hadir kepameran di Pantai Congot sehingga dapat meningkatkan pemasukan PAD dari retribusinya.

Sementara itu Pj. Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengapresi atas suksesnya pelaksanaan pameran ini, menurutnya semakin banyak produk-produk kreatif yang hadir saling berkompetisi dari tahun ketahun, dirinya mendorong seluruh pelaku wisata untuk terus mengikuti perkembangan pasar, berinovasi dan kreatif, tidak sekedar menjual produk wisata secara fisik namun harus mampu mengemas sedemikian rupa sehingga menjadikan pariwisata yang memiliki nilai jual lebih dan mampu meningkatkan nilai perekonomiannya.

“Kalau kita membuat produk, setiap produk mestinya ditambahi dengan cerita dibalik produk itu. Karena kita sekarang pariwisata itu cerita menjadi penting dibanding produk yang bagus. Cerita dibalik produk adalah keunggulan-keunggulan untuk meningkatkan nilai tambah dari produk-produk kreatif kita dan itulah kreatifitas,” kata Tri Sakti.

(MC Kab Kulon Progo/Tin/Hary)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Pedagang Pasar Gamalama Kecewa Kebijakan Pemkot Ternate Beri ijin Pedagang Musiman Pasang Tenda-Tenda di Area Terminal

30 Maret 2024 - 21:32 WIB

KONGRES DESA BERSATU MENUJU INDONESIA MAJU

27 Maret 2024 - 23:24 WIB

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

27 Maret 2024 - 15:22 WIB

Simetromas Mudahkan Layanan Tera Ulang, Alat UTTP di Kabupaten Banyumas

26 Maret 2024 - 21:59 WIB

Kongres Desa Bersatu

23 Maret 2024 - 07:33 WIB

Anggota kongres Indonesia bersatu seluruh Indonesia
Trending di RAGAM