Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

DESA · 1 Jul 2024 13:34 WIB ·

Korban Tewas Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Jadi Dua


 Korban Tewas Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Jadi Dua Perbesar

Musi Banyuasin (DESAMERDEKA) – Tragedi kebakaran sumur minyak ilegal di Desa Srigunung, Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin (Muba) kembali memakan korban jiwa. Tim SAR gabungan menemukan jasad korban kedua di Sungai Parung pada Minggu (30/6/2024) sekitar pukul 12.10 WIB.

Korban yang diidentifikasi sebagai Al, 31 tahun, warga Desa Sukamaju, Sungai Lilin, Muba, diduga menjadi salah satu korban dari ledakan dan kebakaran sumur minyak ilegal yang terjadi pada Sabtu (23/6/2024).

“Benar, kami telah menemukan jasad seorang pria yang diduga kuat merupakan salah satu korban dari terbakarnya dua sumur minyak ilegal di dekat Sungai Parung,” ungkap Kepala BPBD Muba, Pathi Ribuan, pada Minggu (30/6/2024).

Lebih lanjut, Pathi menjelaskan bahwa tim gabungan telah melakukan penyisiran dengan radius 1-2 kilometer menggunakan speedboat dan perahu LCR sejak Minggu pagi. Jasad korban akhirnya ditemukan terdampar di pinggiran Sungai Dawas.

“Korban langsung dibawa ke rumah duka setelah dievakuasi,” imbuhnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi terkait penetapan tersangka dalam kasus ledakan dan kebakaran sumur minyak ilegal tersebut. Kapolres Muba AKBP Imam Safi’i melalui Kapolsek Sungai Lilin Iptu Moga Gumilang belum memberikan keterangan resmi.

Peristiwa tragis ini berawal dari ledakan dan kebakaran sumur minyak ilegal di Desa Srigunung pada Sabtu (23/6/2024). Ledakan tersebut menyebabkan minyak mentah mencemari Sungai Parung. Ironisnya, pada Jumat (29/6/2024), sumur bor ilegal di dekat lokasi kembali terbakar, diduga karena tidak ada upaya pencegahan dari aparat penegak hukum dan pihak terkait.

Ledakan dan kebakaran sumur minyak ilegal ini menjadi pengingat akan bahaya aktivitas pertambangan ilegal yang tidak hanya membahayakan keselamatan pekerja dan masyarakat sekitar, tetapi juga mencemari lingkungan. Diperlukan langkah tegas dari pihak berwenang untuk mencegah tragedi serupa terulang kembali.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Pertama di Banten, Kades Se Kab Lebak Terima SK Perpanjangan

25 Juni 2024 - 21:32 WIB

Klarifikasi Pembangunan Wisata Desa Pandansari: Menuju Pemahaman yang Lebih Baik

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Trending di DESA