Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 28 Mei 2023 12:29 WIB ·

Kisah Kebun Jambu Kristal Merah Milik Desa Kasih dan Surya Muda


 Kisah Kebun Jambu Kristal Merah Milik Desa Kasih dan Surya Muda Perbesar

Purbalingga (DESA MERDEKA) – Sudah 2021 silam, ketika Pemdes Kasih, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, memberdayakan 50 orang pemuda tani, yang tergabung dengan nama Surya Muda, untuk menanam 2.000 bibit pohon Jambu Kristal Merah, di tanah desa Dusun I, yang memiliki luas lebih kurang 2 hektar.

“Melalui Dana Desa (DD) 2021 kami anggarkan padat karya tunai untuk memberi pekerjaan mereka yang sudah kehilangan pekerjaan. Kami pilih pertanian, karena hanya bertani yang bisa mereka lakukan untuk memajukan ekonomi,” kisah Supriyadi, Kepala Desa (Kades) Kasih, melalui rilis pada 10/5/2021, silam.

Bukan tanpa sebab, rupanya kegiatan tersebut bermula dari masalah yang mendatangi Desa Kasih, tepat di saat awal pandemi.

“Kegiatan ini berawal dari para pemudik perantauan Desa Kasih yang pada awal pandemi lalu jadi pengangguran,” terang Supriyadi.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat ikut menanam bibit pohon Jambu Kristal Merah di tanah desa Dusun I, Desa Kasih, Kecamatan Kertanegara, Purbalingga, Minggu (9/5/2021). (Image Courtesy: TribunJateng.com)

Tak ingin menjadi tambahan masalah bagi desa, para pemudik muda tersebut kemudian bangkit dan bergerak membentuk pemuda tani. Bagai gayung bersambut, Pemdes Kasih, memberikan dukungan nyata, inisiatif para petani muda tersebut, dengan menganggarkan dana Rp 200 juta, melalui skema kegiatan padat karya tunai (PKTD). Sebanyak Rp 100 juta diantaranya untuk belanja barang dan Rp 100 juta untuk para pekerja.

“Di sini tanahnya tadah hujan, jadi membutuhkan sumur bor untuk penyiraman ketika menghadapi musim kemarau,” kata Supriyadi saat itu.

Kades Kasih, Supriyadi, memang menaruh harapan besar kepada bupati Purbalingga, yang saat itu, turut menghadiri kegiatan PKTD tersebut, untuk mendorong kegiatan sehingga lancar dan sempurna, melalui dukungan pengadaan alat pertanian, salah satunya traktor.

Bupati Purbalingga, saat mengukuhkan Kelompok Tani Muda desa kasih, 29 juni 2020 silam (Image Courtesy: Website Desa Kasih)

Terkait organisasi pemuda tani Surya Muda, dinukil dari website resmi Desa kasih, sudah dikukuhkan langsung oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, sebagai kelompok pemuda tani, pada tanggal 29 juni 2020. Minggu (30/04/2023), Surya Muda mulai panen perdana, dengan rata-rata hasil 5 kg per pohon. Mereka melepas hasil panen tersebut ke pasar, dengan harga 5 ribu rupiah per kg.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Pedagang Pasar Gamalama Kecewa Kebijakan Pemkot Ternate Beri ijin Pedagang Musiman Pasang Tenda-Tenda di Area Terminal

30 Maret 2024 - 21:32 WIB

KONGRES DESA BERSATU MENUJU INDONESIA MAJU

27 Maret 2024 - 23:24 WIB

Gus Halim: Prosedur Pengelolaan Dana Desa Perlu Aturan Lebih Baku

27 Maret 2024 - 15:22 WIB

Simetromas Mudahkan Layanan Tera Ulang, Alat UTTP di Kabupaten Banyumas

26 Maret 2024 - 21:59 WIB

Kongres Desa Bersatu

23 Maret 2024 - 07:33 WIB

Anggota kongres Indonesia bersatu seluruh Indonesia
Trending di RAGAM