Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

IPTEK · 25 Apr 2023 17:37 WIB ·

Keren, Desa di NTT Ini Promosi Wisata dengan Teknologi Digital


 Keren, Desa di NTT Ini Promosi Wisata dengan Teknologi Digital Perbesar

Nagakeo ( DESA MERDEKA ) – Pemerintah Desa Ululoga di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) mempromosikan destinasi Kampung Pajoreja di bawah kaki Gunung Ebulobo dengan memanfaatkan digitalisasi sebagai bentuk pariwisata digital.

“Kami memanfaatkan pariwisata digital lewat virtual tourism, agar para pengunjung bisa mendapat gambaran tentang potensi wisata dengan konsep dasar pariwisata Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability,” kata Valentina Beka, Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wonga Sela, Desa Ululoga, ketika dihubungi dari Labuan Bajo.

Pemerintah Desa Ululoga telah memanfaatkan peluang digitalisasi untuk memajukan pariwisata desa. Pemanfaatan digitalisasi dalam pariwisata diimplementasikan dalam bentuk virtual tourism. Jenis virtual tourism yang digunakan adalah foto dan video berbasis internet di website desa.

Valentina mengatakan konsep pengembangan pariwisata berbasis digital dimanfaatkan oleh para pemuda yang tergabung dalam pokdarwis untuk mempromosikan paket-paket wisata.

Mereka juga menyiapkan aplikasi visitor digital untuk mencatat registrasi pengunjung. “Kami terbantu dengan pemanfaatan digitalisasi ini. Ada banyak wisatawan yang berkunjung ke Pajoreja, karena mengetahui kampung ini dari internet,” ujar Valentina.

Kepala Desa Ululoga Petrus Leko mengatakan website desa merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan berbagai potensi desa kepada banyak pihak.

Dia memberikan apresiasi kepada para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Wonga Sela yang terus mengoptimalkan website desa, sehingga bisa diakses banyak orang hingga ke luar negeri. “Semua potensi pariwisata itu dituliskan di website desa, tujuannya pasti untuk promosi desa. Ini sudah dari tahun 2022,” kata Petruspula.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Ululoga karena peka dan adaptif dengan kemajuan teknologi.

Dia menyambut baik upaya pemerintah desa yang fokus pada isu kepariwisataan, sebagaimana salah satu konsep pariwisata Kabupaten Nagekeo yakni Ring of Ebulobo Tourism.

Bupati yang akrab disapa Don ini juga mendorong anak-anak muda untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, sehingga bisa mendorong percepatan pariwisata di daerah ini. “Pariwisata itu harus gerak cepat dan gaspol,” katanya optimistis.

 

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Endang Irianti, Anak Petani Yang mengharumkan Nama Sorong lewat Aplikasi SI MANISO

10 September 2023 - 02:25 WIB

Desa Digital Bakal Tingkatkan Ekonomi dan Percepat Pembangunan Desa

24 Agustus 2023 - 08:49 WIB

Gus Halim: Desa Harus Mampu Beradaptasi dengan Digitalisasi

24 Agustus 2023 - 06:48 WIB

Luncurkan Aplikasi “SAMAWAKI”, Bantaeng Digitalkan Pencatatan Pernikahan

14 Juli 2023 - 21:10 WIB

Purbalingga Terus Perjuangkan Bengkel Motor Listrik Bertaraf Nasional

7 Juli 2023 - 14:07 WIB

H. Rofik Hananto Gandeng Balai Diklat Industri Yogyakarta Gelar Pelatihan Digital Marketing di Purbalingga

11 Juni 2023 - 13:53 WIB

Trending di IPTEK