Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

DESA · 28 Jul 2023 15:25 WIB ·

Kemendes PDTT Berikan Penghargaan Kepada Pemenang Lomba SDGs Desa 2023


 Kemendes PDTT Berikan Penghargaan Kepada Pemenang Lomba SDGs Desa 2023 Perbesar

Jakarta (DESA MERDEKA) – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan sejumlah penghargaan kepada para pemenang lomba SDGs Desa, sayembara SDGs Desa dan Paper terbaik.
Penghargaan tersebut diberikan oleh Kepala Badan Pengembangan Informasi  Kemendes PDTT, Ivanovich Agusta saat penutupan International Conference on Sustainable Rural Development dengan tema Strengthening SDGs Desa as A Strategic Effort for Sustaining National Economic Resilience di Gedung Makarti Kemendes PDTT Jakarta, pada Kamis (27/7/2023).
Dalam lomba SDGs Desa dengan kategori sesi pertama diberikan untuk desa dengan capaian goals tertinggi.  Setidaknya ada sepuluh desa yang mendapat penghargaan dalam kategori ini.
Kepala Badan Pengembangan Informasi (BPI)Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ivanovic Agusta memberikan penghargaan kepada para pemenang Lomba SDGs Desa pada penutupan Konferensi Internasional Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan Penguatan SDGs Desa sebagai upaya strategis untuk mempertahankan ketahanan ekonomi nasional di Gedung Kemendes PDTT, Jakarta, Kamis (27/7/2023).
Foto: Wening/Kemendes PDTT
Sepuluh desa tersebut yakni, Desa Tanah Merah, Kabupaten Kampar; Desa Parit Kebumen, Kabupaten Bengkalis; Desa Glapan, Kabupaten Grobogan dan Desa Kakor, Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan penghargaan dengan kategori desa berenergi bersih dan terbarukan.
Kemudian Desa Nanga Lebang, Kabupaten Sintang yang meraih predikat konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan dan desa tanggap perubahan iklim, lalu ada Desa Wonorejo, Kabupaten Luwu Timur yang berhasil meraih penghargaan dalam desa berenergi bersih dan terbarukan.
Selanjutnya ada Desa Amdasa , Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang meraih desa tanggap perubahan iklim, Desa Gunungsari, Kabupaten Ciamis  predikat desa berenergi bersih dan terbarukan, Desa Bakti Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meraih goals 7, 9 dan 13, serta Desa Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang meraih capaian goals 7 dan 9.
Dalam sesi dua, dikategorikan sebagai juara per region. Untuk region Sumatera diberikan kepada Kepala Desa Tanah Meriah, Kabupaten Kampar dan Kepala Desa Parit Kebumen, Kabupaten Bengkalis. Sementara untuk region Papua diberikan kepada Kepala Desa Vasco Damneen.
Untuk region Jawa-Bali diberikan kepada Kepala Desa Glapan, Kabupaten Grobogan dan Kepala Desa Gunungsari, Kabupaten Ciamis. Di region Nusa Tenggara diberikan kepada Kepala Desa Kakor, Kabupaten Manggarai Barat dan Kepala Desa Bakti. Sementara di region Maluku diberikan kepada Kepala Desa Amdasa dan Kepala Desa Waiprit.
Dalam region Kalimantan diberikan kepada Kepala Desa Nanga Lebang, Kabupaten Sintang dan Kepala Desa Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Di region Sulawesi diberikan kepada Kepala Desa Wonorejo Kabupaten Luwu Timur dan Kepala Desa Neniari.
Dalam sesi tiga, yakni Juara Lomba SDGs Desa Tingkat Nasional diraih Desa Tanah Merah Kabupaten Kampar, kemudian Kampung Vasco Damneen, Kabupaten Teluk Bintuni, dan Desa Nanga Lebang Kabupaten Sintang.
Di sesi IV, penghargaan diberikan kepada Bupati Kampar; Bupati Grobogan; Bupati Sintang; Bupati Luwu Timur dan Bupati Teluk Bintuni.
Selain lomba, Kemendes PDTT juga memberikan penghargaan kepada PKN STAN yang telah memenangkan sayembara SDGs Desa.
Kemendes PDTT juga memberikan penghargaan kepada tiga pengirim paper terbaik. Ketiga penghargaan tersebut diberikan kepada Intan Putri Cahyani, Uljanatunnisa dengan judul Kartini Bangun Negeri (Kabari).
Kemudian Dinas Aji Ramadhan Prawiranegara, Tri Abdul Hidayat dengan judul  paper Rural Community Involvement in Indonesia Carbon Market, dan Frances Roi Seston Tampubolon, Fince Decima Hasibuan, Arief Sabdo Yuwono dengan judul paper Sustainable Development Goals in Rural Areas with Environmental and Social Implications: A Meta-Regression Analysis.
Kemendes PDTT
Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Danrem 041 Garuda emas Bedah Rumah, Bantu Masyarakat Bengkulu Tengah Punya Hunian Layak!

15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Datangi Kantor Gubernur, Ratusan Perangkat Desa Kabupaten Lahat  Gelar Audensi

15 Juli 2024 - 09:18 WIB

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Trending di DESA