Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 6 Agu 2023 20:44 WIB ·

Kemendes PDTT Akan Luncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara di Pariaman


 Kemendes PDTT Akan Luncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara di Pariaman Perbesar

Padang (DESA MERDEKA) – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengungkapkan akan meluncurkan lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 di Kota Pariaman, Sumatera Barat pada 11 Agustus 2023.

“Insya Allah lomba desa wisata ini akan diluncurkan di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar,” kata Nursaid, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Pedesaan Kemendes PDTT  di Padang, Minggu (6/8/2023).

Hal tersebut disampaikan Nursaid saat membuka kegiatan Ekspedisi Nasional Youth Conference yang mengusung tema “Kolaborasi budaya dalam ekspedisi untuk nagari di surga tersembunyi” yang diselenggarakan Universitas Andalas.

Untuk menyukseskan dan menyemarakkan lomba desa wisata tersebut, Kemendes PDTT akan melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga terkait. Kemudian, para mahasiswa di Tanah Air juga diminta berperan aktif membantu menyebarluaskan termasuk mengampanyekannya kepada masyarakat desa atau nagari.

“Kawan-kawan mahasiswa kami harap menjadi bagian dari Kemendes PDTT terutama mengampanyekan pentingnya Desa Wisata Nusantara berkelanjutan,” ajak Nursaid.

Mahasiswa yang tersebar dari berbagai daerah, menurut Nursaid, memiliki peran penting untuk menyosialisasikan serta memberikan pemahaman kepada kepala desa, atau perangkat desa agar ikut serta berpartisipasi.

“Ketika mahasiswa kembali ke tempatnya (kampung) bisa menyosialisasikan ini terutama desa yang mempunyai potensi pariwisata,” ucap Nursaid.

Akan tetapi terdapat satu syarat, yang sebagaimana ditegaskan Nursaid, harus dipenuhi yakni desa wisata yang diajukan harus dikelola oleh badan usaha milik desa (bumdes) atau badan usaha milik bersama.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dari pemerintah khususnya Kemendes PDTT, panitia kegiatan menyiapkan hadiah sebesar Rp1 miliar yang akan diserahkan pada puncak kegiatan yakni November 2023.

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA