Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

PEMERINTAHAN · 15 Jan 2024 21:37 WIB ·

Kemendagri Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Banyuasin Fokus Jagung, Bawang, dan Cabai


 Kemendagri Gelar Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Banyuasin Fokus Jagung, Bawang, dan Cabai Perbesar

Banyuasin (DESA MERDEKA) – Dalam rangka pengendalian inflasi daerah tahun 2023, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual melalui Zoom Meeting. Rapat ini diikuti oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Kabupaten Banyuasin.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin, dalam hal ini diwakili oleh Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH, beserta unsur Forkopimda, staf ahli Bupati, asisten, dan Kepala OPD, mengikuti Rakor tersebut dengan seksama.

Seusai mengikuti Rakor, Pj Bupati Banyuasin langsung memberikan instruksi kepada dinas-dinas terkait untuk melakukan koordinasi dengan Bapeda guna mengevaluasi kinerja dan menyusun rancangan kerja.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua pihak di tahun 2023, Banyuasin berhasil mencapai tingkat inflasi yang rendah, yaitu hanya 2,61 persen, yang termasuk rata-rata terendah di Indonesia,” ujar Hani.

Lebih lanjut, Hani meminta kepada seluruh dinas terkait untuk senantiasa mengecek disparitas harga di daerah agar harga tetap stabil. Ia juga menekankan agar dilakukan koordinasi kembali untuk melaksanakan Gerakan Terpadu Stabilisasi Harga Pangan (Gertas) tahun 2024, dengan fokus pada komoditas jagung, bawang merah, dan cabai.

“Selain itu, segera laporkan bantuan beras, data jumlah penerima, dan distribusinya tahun 2023. Kita juga harus berinovasi dengan menyiapkan tempat khusus terkait pengendalian inflasi, seperti yang sudah dilakukan oleh Pemprov dan daerah lain,” imbuhnya.

Hani juga meminta agar seluruh dinas terkait mulai merealisasikan kerjasama dengan daerah lain secara progresif, khususnya dalam hal kerja sama di bidang penekanan inflasi.

Diharapkan dengan langkah-langkah tersebut, Kabupaten Banyuasin dapat terus menjaga stabilitas harga dan berkontribusi pada pengendalian inflasi nasional.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemda Sultra Gelar Kegiatan Fasilitasi Pembentukan dan Pembangunan Kawasan Perdesaan

10 Juli 2024 - 21:13 WIB

Dorong Kualitas Hidup Masyarakat, Gus Halim Ajak Pegiat Desa Tingkatkan SDM

6 Juli 2024 - 19:07 WIB

Gus Halim Ajak Bupati dan Ketua DPRD Malang Jadi Nasabah Pertama LKM Artha Desa

5 Juli 2024 - 23:08 WIB

Biro Adpem Setdaprov Sumbar Gelar Evaluasi dan FGD Percepatan Pembangunan

5 Juli 2024 - 10:43 WIB

Gus Halim Dukung Pembentukan PT LKM Artha Desa di Malang

5 Juli 2024 - 06:39 WIB

32 Desa di Sanggau Belum Miliki Batas Wilayah, Proses Verifikasi Masih Berlangsung

4 Juli 2024 - 22:10 WIB

Trending di PEMERINTAHAN