Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 13 Agu 2023 05:26 WIB ·

Kebakaran Hanguskan Rumah Semi Permanen di Sumbermanjing Wetan Akibat Korsleting Listrik


 Kebakaran Hanguskan Rumah Semi Permanen di Sumbermanjing Wetan Akibat Korsleting Listrik Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Sebuah rumah semi permanen milik Watimen di Dusun Tambakasri Kulon, Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, ludes terbakar pada Sabtu malam (12/8/2024). Api yang tiba-tiba muncul dari dalam rumah dengan cepat membesar akibat hembusan angin kencang, dan melahap habis rumah berbahan kayu tersebut hingga tak tersisa.

Menurut keterangan Kapolsek Sumbermanjing Wetan, Iptu Heriyani Suprapto, kebakaran diduga dipicu oleh korsleting listrik. “Pemilik rumah mengaku bahwa meteran listriknya sering mati dan tidak stabil. Saat itu, dia menyalakan meteran listrik sebelum pergi latihan,” ungkap Iptu Heriyani di lokasi kejadian.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, saat Watimen sedang mengikuti latihan gerak jalan di lingkungannya. Pemilik rumah dan warga sekitar sempat panik melihat kobaran api yang membesar dengan cepat.

Upaya pemadaman api yang dilakukan oleh warga dan beberapa petugas Tagana, KSB Banteng Asri, dan Pemdes Desa Sidoasri dengan peralatan seadanya, tidak mampu menghentikan kobaran api yang besar. Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 02.00 WIB, setelah melahap habis rumah Watimen.

Watimen sendiri baru mengetahui rumahnya terbakar setelah dihubungi oleh warga. “Korban yang mendengar rumahnya dalam kondisi terbakar, langsung pulang,” kata Iptu Heriyani.

Akibat kejadian ini, Watimen mengalami kerugian material sekitar Rp 50 juta rupiah. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui tindak lanjut dan kelangsungan nasib Watimen yang kehilangan tempat tinggalnya akibat kebakaran.

Peristiwa ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran, terutama di musim kemarau yang rawan korsleting listrik. Pastikan instalasi listrik di rumah Anda dalam kondisi yang baik dan aman, serta hindari penggunaan alat-alat elektronik yang berlebihan.

Tips Mencegah Kebakaran di Musim Kemarau:

  • Pastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi yang baik dan aman.
  • Hindari penggunaan alat-alat elektronik yang berlebihan.
  • Sediakan alat pemadam api ringan (APAR) di rumah.
  • Lakukan pemeriksaan rutin terhadap instalasi listrik di rumah.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan api dan hindari membakar sampah di sembarang tempat.
  • Selalu waspada dan tingkatkan kepedulian terhadap bahaya kebakaran.
Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani

10 Juli 2024 - 13:45 WIB

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Trending di RAGAM