Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

KESEHATAN · 14 Jul 2023 10:44 WIB ·

Kader Kesehatan di Desa Diberdayakan untuk Menurunkan Angka Stunting di Purbalingga


 Kader Kesehatan melakukan sosialisasi program ketahanan pangan dalam rangka pencegahan stunting Perbesar

Kader Kesehatan melakukan sosialisasi program ketahanan pangan dalam rangka pencegahan stunting

PURBALINGGA (DESA MERDEKA) : Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus berupaya menurunkan angka stunting dengan melibatkan kader kesehatan di desa. Kader kesehatan diminta untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif agar dapat menyampaikan informasi tentang stunting dengan baik kepada masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Heri Budi Cahyono, pejabat fungsional Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga.

Menurut Heri Budi Cahyono, peran kader kesehatan sangat penting dalam menurunkan angka stunting. Ketika kader kesehatan mampu memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami tentang stunting kepada masyarakat, diharapkan akan terjadi perubahan perilaku yang mandiri dalam upaya pencegahan stunting.

Heri Budi Cahyono berharap agar kader kesehatan dapat lebih memahami cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan mengetahui, mau, dan mampu untuk merubah perilaku mereka guna mencegah stunting. Komunikasi antarpersonal menjadi kunci dalam penurunan angka stunting. Oleh karena itu, komunikasi melalui kader kesehatan kepada masyarakat perlu dioptimalkan.

Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi fokus utama pemerintah, baik tingkat pusat maupun daerah. Pemerintah Kabupaten Purbalingga telah menetapkan penurunan kasus stunting sebagai salah satu program utama. Dalam upaya tersebut, seluruh elemen masyarakat, termasuk kader kesehatan di desa, turut dilibatkan.

Diharapkan dengan keterlibatan aktif kader kesehatan dan pemahaman yang baik tentang komunikasi yang efektif, penurunan angka stunting dapat dicapai. Melalui kolaborasi antara pemerintah, kader kesehatan, dan masyarakat, diharapkan Purbalingga dapat menjadi kabupaten yang bebas dari stunting, dan masyarakat dapat hidup sehat dan berkualitas.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Seorang Bapak Dari Desa Pinggiran TTU Menjadi Ketua Kader Posyandu,Memfasilitasi Dan Menyukseskan BOT

7 Februari 2024 - 23:24 WIB

Bidan Desa Dipindah, 163 Kader Kesehatan Desa Katelan Kompak Mundur

15 Oktober 2023 - 19:39 WIB

Kurangi Emisi, PTBA Operasikan Hybrid Dump Truck hingga Bus Listrik

24 Agustus 2023 - 11:02 WIB

Debu Batu Bara PT RMK Energy Ancam Kesehatan, DPRD Sumsel Desak Operasional Perusahaan Ditutup

16 Agustus 2023 - 11:17 WIB

Posyandu Lansia Sumber Waras, Tempat “Kongkow” Lansia Dusun Kamplong

3 Agustus 2023 - 10:09 WIB

Ssst, Ada 11 Mahasiswa Undip Ikut Rembuk Stunting 2023 Desa Ngadipiro

10 Juli 2023 - 18:59 WIB

Rembuk Stunting Desa Ngadipiro
Trending di KESEHATAN