Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMERINTAHAN · 27 Mar 2024 22:04 WIB ·

Jangan Khawatir, Stok Kebutuhan Pokok di Banyumas Aman dan Terjangkau Hingga Lebaran


 Jangan Khawatir, Stok Kebutuhan Pokok di Banyumas Aman dan Terjangkau Hingga Lebaran Perbesar

Desa Merdeka, Banyumas – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, PJ Hanung Cahyo Saputro didampingi oleh Kadinperindag Banyumas Titik Pudjiastuti dan Kabag Perekonomian Setda Banyumas Ngadimin memastikan bahwa pasokan kebutuhan pokok aman dan tercukupi hingga Lebaran. Hal ini disampaikan saat melakukan pantauan di SPBE Pageraji Cilongok Rabu 27 Maret 2024.

“Stok kebutuhan pokok di Banyumas aman dan mencukupi hingga Lebaran, kami telah berkoordinasi dengan distributor dan memastikan bahwa mereka memiliki stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar PJ Bupati Hanung.

Saat ini, terdapat 5 distributor yang memiliki stok kebutuhan pokok yang memadai. Stok tersebut didistribusikan ke masing-masing distributor yang sudah mereka atur sendiri.

“Di SPBE Pageraji, terdapat hampir 16.000 tabung LPG dengan total 50 ton per hari, Distribusi LPG diatur oleh Pertamina dan masing-masing distributor sudah memiliki jadwal sendiri,” jelas PJ Bupati Hanung.

Dalam kesempatan tersebut PJ Bupati Hanung juga turut menjelaskan bahwasanya stok kebutuhan pokok aman, mengakui bahwa terdapat beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga, seperti beras.

“Namun, prinsip kami adalah memastikan bahwa kebutuhan pokok tersedia dan terjangkau bagi masyarakat, untuk beras, kami melakukan stabilisasi harga dengan menyebarkan beras espiratif,” jelasnya.

Harga beras espiratif dipatok Rp 10.900 per kilogram untuk pembelian, dan Rp 10.200 per kilogram untuk pembelian di atas 5 kg.

“Upaya ini diharapkan dapat membantu menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat,” imbuhnya.

Secara keseluruhan, inflasi di Banyumas terbilang stabil di angka 2,4%, salah satu yang terendah di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa upaya Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok cukup efektif.

“Kami terus memantau situasi dan harga kebutuhan pokok di lapangan, jika terdapat fluktuasi harga yang signifikan, kami akan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan.” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Banyumas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan panic buying dan membeli kebutuhan pokok secukupnya ***

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dapat Pembangunan Rehab Pihak SMPN 1 Pebayuran Ucapakan Terimakasih

14 Juni 2024 - 10:40 WIB

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

14 Juni 2024 - 08:17 WIB

Jalin Sinergitas,Forkopimcam Kedungwaringin dengan Ormas Pemuda Pancasila Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada

28 Mei 2024 - 14:26 WIB

Gandeng PSSI, Disdik Resmi Buka GSI Jenjang SMP Tingkat Kab.Bekasi

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Kab.Bekasi Juara Internasional Football Championship U-13

14 Mei 2024 - 13:20 WIB

Musdes Pembahasan Rancangan RPJMDesa Bonto-Bontoa, Wajah-Wajah Peserta Diliputi Keceriaan

10 Maret 2024 - 10:13 WIB

Trending di PEMERINTAHAN