Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMILU · 21 Jan 2024 09:45 WIB ·

Jaga Transparansi, Ketua RW Dipilih Secara Langsung


 Jaga Transparansi, Ketua RW Dipilih Secara Langsung Perbesar

Panitia pemilihan umum ketua RW Rejosari DS Ngadiroyo

Panitia pemilihan umum ketua RW Rejosari DS Ngadiroyo

WONOGIRI -DESA MERDEKA – Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) di RW 02 didusun Rejosari desa Ngadiroyo kecamatan Nguntoronadi berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden. Bahkan, masyarakat siap menagih apabila kepemimpinan ketua RW yang baru tidak amanah.
Berada dirumah Kepala dusun Rejosari (Budi setyanto)

Antusiasme warga terlihat sejak sekitar pukul 19.00, tatkala puluhan warga antre di TPS. Adapun para petugas TPS, mulai dari panitia hingga dan saksipun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua Rw mereka.sabtu 20/01/2024.

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos tiga kandidat ketua Rw yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas

Ketua Panitia (Martono) Pemilihan RW 02 rejosari, menerangkan, . Di mana, rakyat, warga atau masyarakat saling menghormati siapa yang menang dan siapa yang kalah tetap menjaga persatuan dan kerukunan sesama

AaBudi setyanto/Kadus setempat menambahkan, pemilihan ketua RW secara pemilihan langsung merupakan pertama kalinya di lingkungan setempat.khususnya didesa Ngadiroyo ini.
Namun bukanlah ajang persaingan, melainkan kebersamaan.

“Tapi jangan salah, kalau nanti ketua RW yang terpilih tidak amanah, Superman Werkudara, dan Punakawan siap memarahi mereka,” ujarnya seraya bergurau, sabtu 20/01/24

Menurutnya, pemilihan ketua RW dengan aklamasi atau pemilihan langsung, tidak memiliki perbedaan signifikan. Asalkan masing-masing calon dan ketua yang terpilih dapat menjalankan tugas dengan amanah. Apabila pemimpin tersebut tidak amanah, maka rakyat yang akan menjadi korban, segala urusan menjadi rumit dan keberlangsungan hidup sosial menjadi kacau.

Sejumlah persiapan dibiayai menggunakan dana Muni dana swadaya masyarakat.
Pemilih akan menentukan siapa di antara empat kandidat ketua RW mendatang preode 2024-2029.

“Ada kandidat yang mencalonkan diri menjadi ketua RW. Nanti kalau dia terpilih . Dan langsung melaksanakan tanggung jawab diwilayah dusunnya untuk sebagai tangannpanjang darinpemerintahanbdesa Ngadiroyo,karena disaat ini saya Budi setyontob/kadus mengampu 4dusun .tegasnya.

Salah satu Panitia penyelenggara Manodo mengungkapkan bahwa pemilihan ketua RW untuk periode 2024-2029, yang diikuti warga dari empat RT ini berlangsung lebih ramai dan meriah daripada pemilihan legislatif dan presiden.

Dari 130 Daftar Pemilih Tetap yang berasal dari masyarakat setempat saja, sudah ada 95 persen yang hadir, hingga pukul 19.30. WIB. Sementara pada pileg dan pilpres, hanya 80 persen yang mengikutinya.

“Sangat demokratis, bahkan mulai sejak pendataan DPT, sudah dipersiapkan dengan baik. Dari proses pemilihan ini, apresiasi warga benar-benar tersalurkan,” tutur Manodo.

Sementara sri utami mengaku senang sekaligus bingung.

“Calonnya suka semua. Yang buat susah milih, menurut sriutami semua baik .dan mempunyai jiwa kepemimpin masa depan walau nanti yg terbanyak yg jadi ketua RW.
Pada umumnya masyarakat menyatakan dirinya menyambut baik pelaksanaan ketua RW tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.

“Pemilihan secara langsung dan serentak ini memang dikehendaki oleh warga dan saya sangat terkejut dengan adanya pemilihan RW sekaligus dilakukan bersamaan, ini satu ide yang sangat bagus,” katanya.yang tidak mau disebut namanya .

Ia berharap siapapaun yang terpilih nantinya sebagai Ketua RW harus didukung penuh oleh seluruh unsur masyarakat sekitar. “Sebab peran Ketua RW pada akhirnya sangat vital karena mereka merupakan ujung tombak pemerintahan” tandas kadus Budi setyanto.

Artikel ini telah dibaca 98 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Seorang Pejuang Demokrasi Ditingkat Bawah Gugur Setelah Selesai Bertugas

17 Februari 2024 - 21:22 WIB

Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu Kecamatan Karangjambu Berjalan Aman dan Lancar

7 Februari 2024 - 22:34 WIB

Yakin Menang! TKN Fanta Prabowo-Gibran Gelar  Kopdar Pemilih pemula dari Kalangan Milenial di Banyumas.

6 Februari 2024 - 20:25 WIB

KNPI Bone Bolango Sesalkan Edaran Menyesatkan Via WhatsApp Menimbulkan Kegaduhan.

25 Januari 2024 - 14:56 WIB

Gelar Jumat Curhat, Kapolsek Penukal Utara Kunjungi Desa Tempirai

22 Desember 2023 - 14:29 WIB

Siap sukseskan Pemilu 2024, JPPR Audiensi Ke bawaslu Bengkulu Tengah

3 Oktober 2023 - 14:13 WIB

Trending di PEMILU