Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

KUMHANKAM · 25 Mei 2023 16:12 WIB ·

Inspektorat Kabupaten Malang Audit Dana Desa di Sitiarjo, Warga Berharap Transparansi


 Inspektorat Kabupaten Malang Audit Dana Desa di Sitiarjo, Warga Berharap Transparansi Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Tim Inspektorat Kabupaten Malang baru-baru ini mengunjungi Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, untuk melaksanakan audit rutin tahunan terhadap penggunaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahun 2022. Audit ini meliputi berbagai proyek pembangunan yang menggunakan dana tersebut, termasuk pembangunan rabat beton, infrastruktur wisata, dan gorong-gorong.

.

Kedatangan tim Inspektorat menarik perhatian warga desa, terutama karena baru beberapa hari sebelumnya terjadi aksi demonstrasi menuntut perbaikan jalan di desa. Warga berharap audit ini dapat mengungkap potensi penyimpangan dana dan memastikan transparansi dalam penggunaan anggaran desa.

“Kami sangat berterima kasih kepada tim Inspektorat yang datang,” ujar salah satu ketua RT di Desa Sitiarjo. “Kami berharap dengan adanya audit ini, penyalahgunaan anggaran desa dapat dicegah dan desa kami bisa maju, berdaya, mandiri, aman, jujur, dan transparan.”

Tim Inspektorat menjelaskan bahwa mereka akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap proyek-proyek yang menggunakan dana desa dan ADD. Jika ditemukan kejanggalan dalam pelaksanaan proyek, tim Inspektorat akan memberikan pembinaan dan teguran kepada pihak desa. Dalam kasus yang mengarah ke tindak pidana, perkara akan diserahkan kepada pihak penegak hukum.

Warga Desa Sitiarjo berharap agar audit ini dapat berjalan dengan objektif dan transparan. Mereka juga ingin terlibat dalam proses pengawasan pembangunan desa agar terhindar dari penyalahgunaan anggaran. Sinergi antara masyarakat dan tim Inspektorat diharapkan dapat mewujudkan desa yang maju dan sejahtera.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kapolda Jateng Berdialog dengan Karyawan Kudus: Kunci Sukses Pemimpin adalah Kerja Keras dan Solusi

28 Juni 2024 - 20:04 WIB

Hati-Hati Penipuan Berkedok Dana Hibah Gubernur Sumbar!

27 Juni 2024 - 16:48 WIB

Warga Desa Sitiarjo Laporkan Dugaan Korupsi Tanah Kas Desa ke Polres Malang

5 Januari 2024 - 20:07 WIB

Menggugat Visi Capres tentang Masa Depan Pemberantasan Korupsi di tengah KPK Limbung (Suara Perempuan dari Kampus)

5 Januari 2024 - 08:23 WIB

Puslatpur Mengikuti Dialog Interaktif Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Melalui Vicon

1 November 2023 - 20:25 WIB

Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa

13 Oktober 2023 - 18:06 WIB

Trending di KUMHANKAM