Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

LINGKUNGAN · 10 Jul 2023 20:46 WIB ·

Hujan Deras Picu Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Malang Selatan, Belasan Kambing Terkubur Hidup-Hidup


 Hujan Deras Picu Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Malang Selatan, Belasan Kambing Terkubur Hidup-Hidup Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Malang, khususnya di Malang Selatan, pada beberapa hari terakhir mengakibatkan bencana banjir bandang dan tanah longsor di beberapa desa. Desa-desa yang terdampak bencana tersebut antara lain Desa Sitiarjo, Sumberagung, Tambakasri, Sidoasri, Tambakrejo, dan Kedungbanteng.

Bencana terparah terjadi di Desa Sitiarjo dan Sidoasri. Di Desa Sitiarjo, banjir bandang melanda tiga dusun, yaitu Dusun Krajan, Dusun Pandanrejo, dan Dusun Sumberejo. Banjir bandang ini menyebabkan beberapa rumah terendam air dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Di Desa Sidoasri, selain banjir yang menggenangi wilayah desa, juga terjadi tanah longsor di Dusun Tambakasri Kulon. Tanah longsor ini menimpa tiga rumah, salah satunya milik Bapak Tatak Adi Wasono di RT 05/RW 01. Rumah Bapak Tatak mengalami kerusakan parah dan menimbun kandang ternak kambing. Akibatnya, 11 ekor kambing terkubur hidup-hidup dan tidak dapat diselamatkan.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tim SAR dan relawan masih terus melakukan evakuasi warga dan menyalurkan bantuan kepada para korban bencana. Bantuan yang disalurkan antara lain kasur lipat, selimut, pakaian, dan keperluan dapur.

Salah satu organisasi yang aktif dalam membantu korban bencana adalah KSB TAGANA Malang Selatan. “Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu para korban bencana,” ujar Koordinator KSB TAGANA Malang Selatan, Fatkhur Rozi. “Bantuan yang kami salurkan diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban.”

Bencana banjir bandang dan tanah longsor ini menjadi pengingat bagi masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana, terutama di musim hujan. Pemerintah daerah juga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi dalam penanganan bencana.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa

8 Juli 2024 - 16:29 WIB

Cagar Alam Desa Kubung Terancam Punah Akibat Pertambangan Liar, Potensi Wisata Air Panas Terbengkalai

4 Juli 2024 - 22:28 WIB

PAC Pemuda Pancasila Pebayuran Bagikan Takjil

29 Maret 2024 - 18:38 WIB

Peduli Pelestarian Alam Ansor Banser Gajah Tanam 500 Pohon Pule

9 Maret 2024 - 18:48 WIB

Komitmen Selamatkan 20.000 Jiwa, Polres Banyuasin Musnahkan Barang Narkotika

16 Januari 2024 - 13:44 WIB

Di Sitiarjo, DLH Kabupaten Malang Bagikan Tempat Sampah, Jaga Kelestarian Lingkungan

10 Januari 2024 - 14:06 WIB

Trending di LINGKUNGAN