Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PENDIDIKAN · 21 Feb 2024 23:28 WIB ·

Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Bertandang Diskusi Dan Beri Apresiasi Warung Baca Pasinaon Ungaran


 Para pegiat literasi Kabupaten Semarang setelah selesai diskusi bersama Duta Baca Indonesia Gol A Gong di TBM Warung Pasinaon Ungaran Semarang ( 18/02/2023) Perbesar

Para pegiat literasi Kabupaten Semarang setelah selesai diskusi bersama Duta Baca Indonesia Gol A Gong di TBM Warung Pasinaon Ungaran Semarang ( 18/02/2023)

Desamerdeka.id – Ungaran: Bagi pegiat literasi di Indonesia , siapa yang tak kenal dengan Nama Gol A Gong, seorang pegiat literasi ulung yang kini menjadi Duta Baca Indonesia. Kehadirannya selalu ditunggu dan menjadi inspirasi bagi semua insan literasi. Khusunya di Indonesia.

Pada satu kunjungannya di kabupaten Semarang,  pemilik nama asli Heri Hendrayana Harris menyempatkan diri untuk diskusi yang bertajuk “Literasi Kita, Kini dan Nanti” pada Minggu 18 Februari 2024 bertempat di Taman Bacaan Masyarakat Warung Pasinaon Ungaran Semarang.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 30 pegiat literasi dari berbagai latar belakang profesi ini digelar dengan konsep sederhana tapi penuh makna. Lesehan dan suguhan yang jauh dari kata mewah, tapi melahirkan gagasan perubahan bagi masa depan literasi Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Gol A Gong memberikan Apresiasi kepada TBM Warung Pasinaon Ungaran yang dinahkodai oleh Tirta Nursari yang sekaligus menjabat sebagai ketua Pengurus Daerah TBM Kabupaten Semarang. Pasalnya, TBM yang dikelola Tirta ini tidak an-sich melayani aktivitas baca dan pinjam buku, lebih dari itu, warung Pasinaon ini juga menyelenggarakan ragam aktivitas literasi, seperti workshop kepenulisan, seni budaya, dan diskusi untuk pengembangan kegiatan literasi.

“lihatlah kemeriahannya, selain ada obrolan seru, parade baca puisi, hingga atraksi melukis cepat yang disajikan oleh penulis dan sekaligus pelukis kondang Bambang Iss Wirya Ada pula donasi buku” Sambut Gol A Gong di hadapan peserta diskusi

Kemudian ia juga memberikan motivasi dan apresiasi bagi para penulis agar terus berkarya, dan siap membantu penerbitan.

“Silakan juga untuk menuliskan puisi, dan resensi film atau buku ke golagongkreatif.com, Untuk yang menulis cerpen dan puisi saya beri honor. Selain itu saya  berkolaborasi dengan SIP Publishing membuat pelatihan menulis fiksi mini, lalu dibukukan” imbuh Duta Baca Indonesia.

Tirta Nursari bersama Gol A Gong meluncur Buku Antologi Puisi “Andai Boleh Kupinta” karya Tirta dan putranya Taj Abbad Abdullah

Selain diskusi pada kesempatan itu juga diluncurkan Antologi Puisi karya Tirta Nursari dan putranya Taj Abbad Abdullah yang masih duduk di bangku SMA.  Menurut Tirta bahwa kehadiran Duta Baca Indonesia Gol A Gong seperti mimpi, ditengah kesibukannya sebagai duta baca yang sedang melakukan safari literasi, namun tak disangka bisa hadir di TBM yang dia kelola.

“Ini seperti gayung bersambut, dan sebagai mood booster bagi kami, Setelah beberapa waktu lalu kami mengadakan diskusi tentang pentingnya riset, kemudian ada yang menghendaki kehadiran Duta Baca Indonesia ke sini. Alhamdulillah, terealisasi. Ini tentu menyemangati kami” ujar Tirta.

(SetyoH)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal

18 Mei 2024 - 00:28 WIB

Kekhalifahan dan Reformasi Bumi Prof. Dr. Nurcholish Madjid

15 Mei 2024 - 23:12 WIB

Praktik Baik Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu bagi Literasi Anak di Kota Batam

1 Maret 2024 - 22:59 WIB

Praktik baik prmanfaatan buku bagi literasi anak

Perjuangan Seorang Ayah Untuk Menjadikan Sarjana Anaknya Dengan Keluar Masuk Tempat Sampah

1 Maret 2024 - 07:48 WIB

Mengintip TBM “Rumah Sastra” sebagai Ruang belajar bagi Calon Penulis Handal

29 Januari 2024 - 13:23 WIB

Korps PMII Putri Karimun Tekankan Pentingnya Membangun Sumber Daya Perempuan Sebagai Modal Membangun Bangsa

22 Januari 2024 - 19:01 WIB

Trending di PENDIDIKAN