Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 29 Apr 2023 20:30 WIB ·

Glagaharjo Sleman dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya


 Glagaharjo Sleman dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya Perbesar

Sleman ( DESA MERDEKA ) – Lapangan Kelurahan Glagaharjo, menjadi lokasi  acara peringatan hari jadi ke-75 Kelurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan sekaligus mengukuhkan Glagaharjo sebagai Rintisan Desa Budaya, Sabtu (29/04/2023).

“Semoga ke depan masyarakat di Glagaharjo ini bisa lebih sejahtera, makmur dan perekonomiannya meningkat. Dan kami sangat terima kasih, dengan adanya peringatan hari jadi ke-75 Kelurahan Glagaharjo yang dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional ini dapat nguri-nguri budaya Jawa,” sambut Danang Maharsa, Wakil Bupati Sleman dalam sambutannya, seperti dilansir dari Antara.

Danang mengapresiasi seluruh masyarakat Glagaharjo yang telah bergotong royong menggelar acara hari jadi ini dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya melestarikan budaya di Kelurahan Glagaharjo sehingga dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya.

“Desa Rintisan Budaya ini akan kami nilai, lalu diajukan ke Provinsi DIY menjadi Desa Budaya. Kriteria yang dinilai dari Desa Rintisan Budaya yakni tradisi, kesenian, permainan tradisional, bahasa dan sastra, aksara, kerajinan, kuliner, pengobatan tradisional, warisan budaya dan tata ruang,” ungkap Edy Winaryo, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman.

Desa Rintisan Budaya ini, menurut Edy Winaryo, merupakan langkah awal untuk menjadi Desa Budaya.

“Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat kerukunan dan kekompakan antarmasyarakat Kelurahan Glagaharjo,” kata Suroto, Lurah Glagaharjo.

Rangkaian kegiatan hari jadi Kelurahan Glagaharjo ini dilaksanakan mulai 16 sampai 30 April 2023 ini, menurut Suroto, diantaranya bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat Kelurahan Glagaharjo terhadap lingkungan yang mereka tinggali.

“Berbagai kegiatan turut memeriahkan peringatan hari jadi ini, seperti festival anak saleh, malam tirakatan, jathilan, karawitan, gebyar PAUD, ziarah kubur, jalan sehat dan pengajian,” sambung Lurah Suroto.

Acara yang cukup meriah tersebut, juga dihadiri Sekda Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya dan Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Edy Winarya.

 

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Trending di DESA