Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 1 Jul 2024 18:26 WIB ·

Generasi Muda Sobokartti Unjuk Kebolehan dalam Uji Kompetensi Tari 2024


 Generasi Muda Sobokartti Unjuk Kebolehan dalam Uji Kompetensi Tari 2024 Perbesar

Semarang (DESA MERDEKA) – Semarak budaya Jawa mewarnai Gedung Sobokartti Semarang selama dua hari, Sabtu-Minggu (29-30 Juni 2024), dalam rangka Uji Kompetensi Siswa Tari Sobokartti 2024. Sebanyak 159 siswa dari berbagai tingkatan usia unjuk kebolehan dalam membawakan berbagai tarian tradisional Jawa, menunjukkan dedikasi mereka dalam melestarikan budaya bangsa.

Acara yang bertajuk “Rum Kuncaraning Bangsa Dumunung Haneng Luhuring Budaya” ini merupakan wujud komitmen Sobokartti untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap seni tari tradisional Jawa. Di tengah gempuran budaya asing, Sobokartti berupaya menjaga kelestarian budaya bangsa dengan menanamkan nilai-nilai luhur kepada para penerus bangsa.

Uji kompetensi ini menghadirkan para pakar tari sebagai tim juri, di antaranya Haryadi Dwi-Prasetyo, M.Sn, MM (Disbudpar Kota Semarang), Endik Guntaris S,Pd, M.Pd (Univeritas Negeri Semarang), dan Kanti Subiarti (Alumnus Tari Sobokartti 1990). Para juri menilai para peserta berdasarkan tiga aspek, yaitu wiraga (ketepatan gerakan), wirama (ketepatan irama), dan wirasa (penghayatan rasa).

Menurut Endik Guntaris, para peserta menunjukkan bakat dan potensi yang luar biasa dalam menari. “Semua tampil maksimal, tetapi harus terus membutuhkan proses untuk menjadi penari profesional,” ujar Endik Guntaris.

Uji Kompetensi Siswa Tari Sobokartti 2024 ini bukan hanya tentang penilaian, tetapi juga tentang motivasi dan pengembangan diri bagi para peserta. Para pemenang diharapkan dapat menjadi teladan bagi para siswa lain dan terus berkarya di bidang seni tari tradisional Jawa.

Upaya Sobokartti dalam melestarikan budaya Jawa patut diapresiasi. Kegigihan para pengajar dan semangat para siswa dalam mempelajari seni tari tradisional menjadi bukti nyata bahwa budaya Jawa masih hidup dan berkembang di tengah masyarakat.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani

10 Juli 2024 - 13:45 WIB

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Trending di RAGAM