Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PENDIDIKAN · 13 Jul 2023 11:40 WIB ·

Festival Anak Desa, Sebuah Upaya Melestarikan Budaya Desa


 Festival Anak Desa, Sebuah Upaya Melestarikan Budaya Desa Perbesar

Desamerdeka.id-PurbalinggaFestival Anak Desa (FAD) adalah sebuah pertunjukan seni berbasis literasi yang diinisiasi oleh komunitas literasi pemuda (Karang Taruna ) desa Pagerandong kecamatan Kaligondang kabupaten Purbalingga, yang diselenggarakan setiap tahun.

Berawal dari sebuah perkumpulan pemuda atau karang taruna desa yang memiliki visi sederhana: Mewujudkan generasi desa yang cerdas berbasis budaya, kini telah berhasil mengangkat derajat masyarakat desa menjadi desa yang berbudaya.

Bertempat di rumah kosong atau lebih dikenal dengan Umah Suwung , mereka berkarya sambil bercengkrama untuk memajukan desanya. Bermodal tekad dan semangat telah membawa komunitas literasi Umah Suwung pada eksistensi yang patut kita apresiasi.

Menariknya, meski dalam keterbatasan mereka secara Istiqomah mendedikasikan hidupnya untuk memajukan desanya lewat Gerakan Literasi Berbasis Budaya 

Salah satu poster festival Anak Desa tahun 2023

Hingga kini, pada bulan Juli 2023 mereka berniat dan bermaksud menyelenggarakan kegiatan Festival Anak Desa yang ke sekian kalinya .

Dan sudah sepatutnya kita sebagai bagian dari warga literasi khususnya dan warga negara umumnya memberikan apresiasi kepada karya dan dedikasi mereka. Dan tentunya patut dijadikan referensi bagaimana kita bisa menggerakkan masyarakat sadar literasi lewat pendekatan budaya.

Dan kepada stakeholder sudah semestinya menjadikan hal ini sebagai suatu potensi yang perlu dilirik bahkan dipandang perlu untuk dilakukan pembinaan sebagai modal kekayaan budaya Nusantara.

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

PNP Kembangkan Destinasi Wisata Berkearifan Lokal

18 Mei 2024 - 00:28 WIB

Kekhalifahan dan Reformasi Bumi Prof. Dr. Nurcholish Madjid

15 Mei 2024 - 23:12 WIB

Praktik Baik Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu bagi Literasi Anak di Kota Batam

1 Maret 2024 - 22:59 WIB

Praktik baik prmanfaatan buku bagi literasi anak

Perjuangan Seorang Ayah Untuk Menjadikan Sarjana Anaknya Dengan Keluar Masuk Tempat Sampah

1 Maret 2024 - 07:48 WIB

Gol A Gong, Duta Baca Indonesia Bertandang Diskusi Dan Beri Apresiasi Warung Baca Pasinaon Ungaran

21 Februari 2024 - 23:28 WIB

Mengintip TBM “Rumah Sastra” sebagai Ruang belajar bagi Calon Penulis Handal

29 Januari 2024 - 13:23 WIB

Trending di PENDIDIKAN