Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

OPINI · 11 Sep 2023 06:47 WIB ·

Estafet Kepemimpinan Desa di Tangan Pemuda


 Estafet Kepemimpinan Desa di Tangan Pemuda Perbesar

D Purnama Putra (DESA MERDEKA) – Pemuda adalah aset berharga bagi kemajuan dan perkembangan sebuah desa. Mereka memiliki energi yang melimpah, semangat yang tinggi, dan pemikiran yang segar. Oleh karena itu, estafet kepemimpinan desa seharusnya diberikan kepada pemuda untuk memastikan kontinuitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Pemuda memiliki potensi dan kreativitas yang belum tergali secara maksimal. Mereka mampu menghadapi perubahan zaman dengan cepat dan beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang. Pemuda juga memiliki wawasan yang luas dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan masyarakat lokal. Dalam kepemimpinan desa, pemuda dapat memberikan pemikiran inovatif, solusi yang kreatif, dan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan tujuan pembangunan desa yang berkelanjutan.

Selain itu, mempercayakan estafet kepemimpinan desa kepada pemuda juga berarti memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mereka. Dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin desa, mereka akan belajar memahami permasalahan masyarakat, bekerja secara kolaboratif dengan berbagai pihak, dan mengambil keputusan yang tepat. Proses ini akan membantu pemuda untuk tumbuh dan berkembang sebagai seorang pemimpin yang tangguh, bertanggung jawab, dan peduli terhadap kepentingan masyarakat.

Namun, estafet kepemimpinan desa di tangan pemuda bukan berarti mengabaikan pengalaman dan kebijakan dari generasi sebelumnya. Pemuda perlu menjalin kerjasama yang baik dengan orang-orang yang sudah berpengalaman untuk memperoleh bimbingan dan masukan yang berharga. Kolaborasi antara pemuda dan generasi sebelumnya akan menciptakan harmoni dalam kepemimpinan desa, di mana pemuda membawa semangat baru, sementara orang berpengalaman memberikan arahan dan kebijakan yang teruji.

Peran pemuda dalam kepemimpinan desa juga penting dalam menjaga dan memperkuat nilai-nilai budaya dan tradisi lokal. Mereka bisa menjadi pelopor dalam melindungi warisan budaya, mempromosikan pariwisata lokal, dan mengembangkan kerajinan dan industri kreatif berbasis lokal. Pemuda juga dapat menjadi agen perubahan dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dengan demikian, estafet kepemimpinan desa di tangan pemuda akan berkontribusi pada pelestarian serta peningkatan kualitas hidup di desa.

Untuk menciptakan kepemimpinan desa yang berkualitas di tangan pemuda, perlu ada program pembinaan kepemimpinan yang sistematis dan berkelanjutan. Pemerintah desa, lembaga masyarakat, dan organisasi pemuda dapat bekerja sama dalam mengembangkan program-program yang memfasilitasi pemuda untuk mengasah potensi kepemimpinan mereka. Pelatihan kepemimpinan, bimbingan mentor, dan akses pada sumber daya yang relevan merupakan beberapa bentuk program pembinaan yang dapat dilakukan.

Estafet kepemimpinan desa di tangan pemuda adalah langkah penting dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi desa. Pemuda memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada. Oleh karena itu, pemuda perlu diberdayakan dan diberikan tanggung jawab dalam kepemimpinan desa. Dalam perjalanannya, mereka akan menginspirasi generasi berikutnya untuk terus memajukan desa mereka dan menciptakan perubahan yang berkelanjutan.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Diduga menyewakan TKD oknum pemdes Sitiarjo dilaporkan ke Unit Tipikor Polres Malang

5 Januari 2024 - 20:07 WIB

Pelestarian Budaya Desa di Tangan Pemuda

12 September 2023 - 14:18 WIB

Peran Penting Pemuda Desa Dalam Pemilihan Umum

6 September 2023 - 13:17 WIB

Tawa Sederhana Versi Anak Desa, Upaya Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

29 Agustus 2023 - 20:30 WIB

Warga tambakasri kab Malang heboh terkait pajak petak hutan 63a tak kunjung ditarik.

10 Agustus 2023 - 23:00 WIB

Berdamai dengan Konflik Kades -BPD

25 Juli 2023 - 21:21 WIB

Trending di OPINI