Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

POLITIK · 5 Jul 2024 20:10 WIB ·

DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan


 Anggota DPRD Provinsi Kalteng Sirajul Rahman (Image courtesy: Borneonews.id) Perbesar

Anggota DPRD Provinsi Kalteng Sirajul Rahman (Image courtesy: Borneonews.id)

Palangka Raya (DESA MERDEKA) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sirajul Rahman menekankan pentingnya pengembangan ekonomi desa dengan fokus pada sektor-sektor unggulan seperti pertanian, peternakan, perikanan, dan kerajinan tangan.

“Pengembangan ekonomi desa harus menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” kata Sirajul Rahman, Kamis (4/7/2024). “Sektor-sektor seperti pertanian, peternakan, perikanan, dan kerajinan tangan memiliki potensi besar untuk menjadi sumber pendapatan utama bagi masyarakat desa.”

Sirajul menjelaskan bahwa untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, perlu dilakukan upaya seperti penggunaan teknologi modern, pupuk, dan bibit unggul. Selain itu, pelatihan dan pendampingan bagi para petani juga penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka.

Di sektor peternakan, Sirajul menyarankan pengembangan peternakan skala kecil hingga menengah, serta penerapan praktik peternakan yang baik untuk meningkatkan hasil. Sementara itu, di sektor perikanan, perlu dilakukan pengembangan teknik budidaya dan pengolahan hasil perikanan untuk menambah nilai ekonomis.

“Kerajinan tangan dan industri rumah tangga juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi desa,” ujar Sirajul. “Pemerintah perlu memberikan pelatihan keterampilan dan akses ke pasar bagi para pengrajin agar produk mereka dapat dipasarkan lebih luas.”

Untuk mendukung pengembangan ekonomi desa, Sirajul menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat desa. “Pemerintah perlu menyediakan pelatihan keterampilan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan kerajinan tangan,” jelasnya. “Selain itu, pendidikan kewirausahaan juga penting untuk mendorong masyarakat memulai usaha baru.”

Sirajul juga mendorong penggunaan teknologi modern seperti irigasi tetes, alat pemanen, dan teknik pertanian organik untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian. “Pemerintah juga perlu membantu memasarkan produk desa secara online melalui teknologi informasi,” imbuhnya.

Pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan fasilitas irigasi juga menjadi faktor penting dalam mendukung aktivitas ekonomi di desa. “Selain itu, akses ke listrik dan internet juga perlu ditingkatkan untuk mendukung usaha kecil dan menengah,” kata Sirajul.

Terakhir, Sirajul menekankan pentingnya kebijakan pemerintah daerah yang pro-rakyat, subsidi, dan program pembangunan desa untuk mendukung pengembangan ekonomi desa. “Koordinasi yang baik antara pemerintah pusat, daerah, dan desa juga diperlukan untuk memastikan program pembangunan berjalan efektif,” tukasnya.

Sirajul meyakini bahwa pengembangan ekonomi desa akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat desa, seperti peningkatan pendapatan, pemberdayaan masyarakat, pengurangan kemiskinan, dan peningkatan kualitas hidup. “Pengembangan ekonomi desa merupakan kunci untuk mewujudkan masyarakat Kalteng yang sejahtera dan mandiri,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Balon Walkot Padang Muhammad Iqbal Bersilaturahmi dengan PWRI

11 Juli 2024 - 15:55 WIB

Kapolda Jateng Jamin Keamanan untuk Ciptakan Iklim Usaha Kondusif di Kudus

28 Juni 2024 - 19:55 WIB

Komunitas Pemuda Desa Kabupaten Bekasi Deklarasikan Dukungan untuk BN.Holik Qodratullah

27 Juni 2024 - 09:20 WIB

Kyai Syaepudin Asy Syadzily Bertemu Purnawirawan TNI, Bahas Masa Depan Lebak

16 Juni 2024 - 12:24 WIB

Empat Bakal Calon Bupati Lebak Jalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di DPP PKB

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

Sejumlah Partai Sudah Didatangi, Sosok Kyai Muda Ini Daftar Bakal Calon Bupati Lebak 2024 – 2029

21 Mei 2024 - 10:36 WIB

Trending di POLITIK