Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

PEMERINTAHAN · 24 Jun 2023 11:14 WIB ·

Diselenggarakan Dimakassar, 46 Desa sekabupaten Bantaeng ikut Bimtek Siskeudes


 Diselenggarakan Dimakassar, 46 Desa sekabupaten Bantaeng ikut Bimtek Siskeudes Perbesar

Desa Merdeka.id – Bantaeng : Dengan semakin berkembangnya teknologi, manusia di tuntut untuk bertransformasi dari masa trdisional menuju era milenial sehingga di butuhkan peningkatan SDM dalam menghadapi masa tersebut, salah satunya dalam pengelolaan keuangan, sesuai standar yang berlaku dalam proses administrasi, keluar masuknya dana serta perencanaan maupun pengendalian dan pelaporan.

Senada dengan hal tersebut, 22-25 / Juni 2023 Pemkab Bantaeng menyelenggarakan Peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan, Sistim Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES V2.0.R2.05) untuk 46 Desa sekabupaten Bantaeng yang di hadiri Kepala Desa, Sekertaris Desa dan Kaur Keuangan sebagaimana yang di sampaikan ke tiap desa serta beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya yang di laksanakan di Grand Asia Hotel Makassar.

Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Syah Azikin, M.Si. turut Hadir dalam hari pertama pelaksanaan bimtek tersebut, nampak pula Kepala perwakilan BPKP Prov sulsel bapak Rizal Suhaili, Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara, Kasi intel Kejaksaan Bantaeng Yeni Cahyo Ridiantoro, Asisten I H. Hartawan Zainuddin, Inspektur Daerah Bantaeng Muh. Rivai Nur, serta pejabat dan jajaran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bantaeng. Di sela-sela sambutannya bupati bantaeng mengatakan, harapan kita semua untuk lancarnya pelaksanaan bimbingan teknis ini dengan kebermanfaatan yang besar, khususnya bagi pemerintah Desa untuk memanfaatkan waktu ini sebagai ruang konsolidasi, ruang meneguhkan komitmen, kita hadir dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan pendekatan-pendekatan dan pelaksanaan yang akuntable, sehingga tentu pelaksanaan kegiatan pada malam hari ini adalah sesuatu yang strategis, urai Ilham azikin mengakhiri sambutannya sambil membuka acara dengan resmi tanda di mulainya Bimtek siskeudes 2023.

Sebagai aktivis Desa sekaligus Pendamping Lokal Desa merespon baik langkah ini, mendukung SDM perangkat Desa untuk peningkatan kapasitas dalam menjalankan roda pemerintahan, namun jika mengacu ke dalam Permenkeu nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan dana Desa salah satunya menekankan adanya nilai pemberdayaannya demi mencapai cita-cita kesejahteraan masyarakat lokal khususnya, sudah tiga kali berturut-turut agenda semacam ini di selenggarakan di luar daerah (makassar), sementara masyarakat kita juga butuh dukungan kesejahteraan. Alangkah baiknya kedepan jika kegiatan seperti ini di lakukan di Daerah sendiri, memberdayakan potensi Lokal yang ada dan memberikan penghasilan kepada para pengusaha Hotel selaku objek pajak pemerintah setempat sebutlah seperti Hotel seruni, kirei dan Ahriani, Hal ini akan menggerakkan  perekonomian masyarakat khususnya di kabupaten Bantaeng, Sebagaimana yang pernah di sampaikan saat hadir di pelatihan Bimbingan Teknis Desa Inklusi di Hotel seruni Bantaeng melalui sambutannya. Bapak bupati menyampaikan dihadapan puluhan peserta ketika itu, bahwa kegiatan ini sudah sangat tepat karena di laksanakan di Bantaeng sehingga uang yang ada, tidak di bawa keluar dan kalau bisa uang yang ada di luar kita bawa masuk ke Bantaeng, ujar bupati yang di aplos seluruh peserta tanda mendukung dan mengapresiasi gagasan tersebut.

Maka ketika pelaksanaan bimtek yang di selenggarakan oleh pemerintah kabupaten dan menggiringnya keluar daerah muncul pertanyaan bertentangan dengan yang pernah di sampaikan di hadapan peserta Bimbingan saat itu, bahkan berlawanan arah 180 derajat atas  pernyataan yang di berikan saat tampil di hadapan peserta membawakan sambutannya,  46 Desa yang di undang dengan rata-rata 3 orang peserta, yakni Kepala Desa, Sekertaris Desa dan kaur keuangan di tambah dengan unsur SKPD lainnya berjumlah lebih dari 136 orang  dan telah pernah mengikuti dua kali pelatihan yang sama sebelumnya, yaitu Bimtek Siskeudes.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 130 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemda Sultra Gelar Kegiatan Fasilitasi Pembentukan dan Pembangunan Kawasan Perdesaan

10 Juli 2024 - 21:13 WIB

Dorong Kualitas Hidup Masyarakat, Gus Halim Ajak Pegiat Desa Tingkatkan SDM

6 Juli 2024 - 19:07 WIB

Gus Halim Ajak Bupati dan Ketua DPRD Malang Jadi Nasabah Pertama LKM Artha Desa

5 Juli 2024 - 23:08 WIB

Biro Adpem Setdaprov Sumbar Gelar Evaluasi dan FGD Percepatan Pembangunan

5 Juli 2024 - 10:43 WIB

Gus Halim Dukung Pembentukan PT LKM Artha Desa di Malang

5 Juli 2024 - 06:39 WIB

32 Desa di Sanggau Belum Miliki Batas Wilayah, Proses Verifikasi Masih Berlangsung

4 Juli 2024 - 22:10 WIB

Trending di PEMERINTAHAN