Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

RAGAM · 3 Jun 2023 05:24 WIB ·

Dinilai Tak Merata, Warga Harjokuncaran Tuntut Keadilan Atas Pembagian Tanah Warisan Kodam V Brawijaya


 Dinilai Tak Merata, Warga Harjokuncaran Tuntut Keadilan Atas Pembagian Tanah Warisan Kodam V Brawijaya Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Sejumlah warga Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menuntut keadilan atas pembagian tanah warisan Kodam V Brawijaya yang dinilai tidak merata. Mereka menuding adanya kecurangan yang dilakukan oleh oknum panitia dalam proses pembagian tanah tersebut.

Menurut perwakilan masyarakat desa, Bpk Iswanto, tanah seluas 179,948 hektar (ha) awalnya dibagikan kepada 1.008 warga dan 1 yayasan pendidikan, musholah, langgar, dan masjid. Pembagian tersebut tercantum dalam buku nominatif calon petani pembagian tanah dari Pemkab Malang.

Namun, setelah dibagikan oleh desa Harjokuncaran, terdapat ketimpangan dalam luas tanah yang diterima oleh masing-masing warga. “Ada yang lebih dari 1 hektar (ha) atau 10.000 meter persegi, bahkan ada yang mencapai 15.000 meter persegi,” jelas Iswanto.

Ketidakadilan ini telah berlangsung selama 19 tahun lamanya. Upaya mediasi yang dilakukan di desa dan Muspika Sumbermanjing Wetan, serta pelaporan ke Polres Malang, belum membuahkan hasil.

“Pemerintah desa telah mengeluarkan surat pengukuran ulang, tetapi panitia tidak mau melaksanakannya,” ungkap Iswanto. “Hal ini dikarenakan panitia kelas 1 dan 2 mengambil jatah tanah melebihi batas ketentuan.”

Warga Desa Harjokuncaran berharap agar pemerintah dapat membantu menyelesaikan permasalahan ini dengan adil dan sesegera mungkin. Mereka menginginkan agar tanah dibagikan secara merata sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Maninjau Bangun Masjid Ar-Rahim dan Asrama Putri untuk Generasi Qur’ani

10 Juli 2024 - 13:45 WIB

WIES 2025: Peluang Besar bagi Industri Halal Sumatera Barat Mendunia!

10 Juli 2024 - 13:12 WIB

Perbaikan Jalan Nasional Lembah Anai Dikebut, Ditargetkan Selesai Juli 2024

10 Juli 2024 - 11:39 WIB

Semarak Kemerdekaan di Ranah Minang: 40 Kegiatan Siap Digelar Pemprov Sumbar

9 Juli 2024 - 11:04 WIB

Dorong BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim Temui Menteri LHK Siti Nurbaya

8 Juli 2024 - 18:44 WIB

Festival Banjoemas Kota Lama Ditutup dengan Ruwat Sukerta

8 Juli 2024 - 01:35 WIB

Trending di RAGAM