Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

DESA · 4 Jan 2024 22:53 WIB ·

Dinas Pariwisata Bantaeng Kawal Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat


 Dinas Pariwisata Bantaeng Kawal Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Perbesar

Bantaeng (DESA MERDEKA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantaeng, di bawah kepemimpinan Ibu Harmoni, S.Sos., M.Si., terus bergerak aktif dalam mengembangkan desa wisata berbasis masyarakat. Hal ini terlihat dari kesibukan Ibu Harmoni dalam mengunjungi berbagai desa untuk mengawal dan memastikan kegiatan coaching berjalan lancar dan sukses.

Tujuan utama dari pengembangan desa wisata ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengatasi pengangguran di desa-desa. Harapan ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Dosen Pengampu KKN (DPK) Ir. Rusli Moh. Rukka. S.P., M.Si., dalam sebuah seminar program KKNT Desa Wisata wilayah tiga, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, pada Rabu (3/1/2024).

Seminar tersebut dihadiri oleh Camat Tompobulu, Kapolsek, Babinsa, DPK, KKNT, serta Kepala Desa dan Lurah dari Desa Pattallassang, Desa Bonto-Bontoa, dan Kelurahan Campaga. Sebanyak 29 mahasiswa KKNT ditempatkan di ketiga desa tersebut untuk mengabdikan diri dan membantu mengembangkan desa wisata.

Para mahasiswa diharapkan mampu melakukan pendataan dan pemetaan potensi wisata di desa-desa tersebut melalui observasi dan wawancara.

Pendataan ini akan dilakukan berdasarkan sembilan indikator kunci dari Dinas Pariwisata, yaitu:

  • Lingkungan dan Fisik
  • Keaneka Ragaman Hayati
  • Atraksi Budaya (kesenian, kuliner, sistem pengobatan tradisional, situs, rumah ibadah, dan sejenisnya)
  • Infrastruktur
  • Kelembagaan
  • SDM
  • Sikap dan Tata Kehidupan Masyarakat
  • Keterjangkauan dan Moda Transportasi
  • Aktivitas Masyarakat

Banyak contoh desa wisata sukses di Indonesia yang dapat menjadi inspirasi, seperti Goa Pindul di Desa Beriharjo Yogyakarta, Kolam Renang Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah, dan Kebun Kopi Colo, Air Terjun Lambaleda di NTT.

Desa Ponggok di Klaten, misalnya, dulunya merupakan desa yang sangat miskin. Namun, setelah dirintis sebagai desa wisata pada tahun 2009 dengan gagasan bersama UGM, Desa Ponggok mengalami transformasi yang luar biasa. Desa yang kaya akan mata air ini kini menjadi desa maju dengan Pendapatan Asli Desa (PAD) mencapai Rp 1 miliar per tahun, jauh meningkat dari Rp 17 juta per tahun di tahun 2007.

Fakta ini menunjukkan bahwa pengembangan desa wisata berbasis masyarakat dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata terus aktif dalam mendorong pengembangan desa wisata di Kabupaten Bantaeng.

Ibu Harmoni, Kepala Dinas Pariwisata, dalam beberapa kesempatan menekankan pentingnya memasukkan program pembangunan pariwisata berbasis masyarakat dalam RPJMDes. Hal ini akan memudahkan pemerintah desa dalam melakukan penganggaran dan pengelolaan program desa wisata.

“Potensi desa kita dari sektor pariwisata sangat menjanjikan dan beragam,” ujar Ibu Harmoni. “Dengan pengelolaan yang tepat, desa wisata dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit dan berdampak pada lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi di desa.”

Kehadiran KKNT Unhas yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan desa wisata di Kabupaten Bantaeng. Para mahasiswa KKNT diharapkan dapat menggali potensi desa-desa wisata dan membantu mewujudkan desa wisata yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 117 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Korban Tewas Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Jadi Dua

1 Juli 2024 - 13:34 WIB

Pertama di Banten, Kades Se Kab Lebak Terima SK Perpanjangan

25 Juni 2024 - 21:32 WIB

Trending di DESA