Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

LINGKUNGAN · 10 Jan 2024 14:06 WIB ·

Di Sitiarjo, DLH Kabupaten Malang Bagikan Tempat Sampah, Jaga Kelestarian Lingkungan


 Di Sitiarjo, DLH Kabupaten Malang Bagikan Tempat Sampah, Jaga Kelestarian Lingkungan Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) –Menjaga keseimbangan alam dan kelestarian lingkungan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Lingkungan yang asri dan terjaga perlu dilestarikan, namun menjaga kelestarian lingkungan hidup yang sehat dan asri tidak semudah membicarakan dan memprogramkannya.

Ibu Mamiek Misnianti bersama KSM Mandiri desa Sitiarjo
Kepala desa Sitiarjo Ibu Mamiek Misnianti bersama KSM desa Sitiarjo

Untuk mewujudkan program lingkungan hidup yang indah dan lestari, diperlukan kesadaran tinggi dari berbagai elemen, baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) yang seimbang. Salah satu contoh program yang dijalankan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang di seluruh wilayahnya adalah dengan membagikan tempat sampah kepada seluruh elemen masyarakat. Tempat sampah ini nantinya akan ditempatkan di tempat-tempat umum seperti perkantoran, pasar, puskesmas, dan lain-lain dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya.

Pada tanggal 10 Januari 2024, DLH Kabupaten Malang menyalurkan bantuan tempat sampah kepada Pemerintah Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, sebanyak 100 buah secara bertahap. Bantuan ini diterima langsung oleh Kepala Desa Sitiarjo, Ibu Mamiek Misnianti, dan para pengurus Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Mandiri Desa Sitiarjo.

Kedatangan tempat sampah dari DLH kabupaten Malang

Program peduli lingkungan hidup ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat tanpa sampah. Bantuan tempat sampah dari DLH Kabupaten Malang ini merupakan hasil pengajuan dari KSM Mandiri Desa Sitiarjo. Diharapkan dengan adanya bantuan tempat sampah ini, pendangkalan atau penyumbatan saluran air dapat dikurangi, sehingga dapat meminimalisir dampak banjir luapan dari beberapa parit atau kanal yang ada di Desa Sitiarjo, mengingat Desa Sitiarjo merupakan desa yang rawan banjir.

Kepala Desa Sitiarjo, Ibu Mamiek Misnianti, mengucapkan terima kasih kepada DLH Kabupaten Malang atas bantuan tempat sampah ini. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan tempat sampah ini. Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat Desa Sitiarjo semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Ibu Mamiek juga mengajak seluruh masyarakat Desa Sitiarjo untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan. “Mari kita jaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Gunakan tempat sampah yang telah disediakan oleh DLH Kabupaten Malang ini,” ajaknya.

Program DLH Kabupaten Malang dalam membagikan tempat sampah ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Diharapkan dengan adanya program ini, lingkungan di Kabupaten Malang dapat menjadi lebih bersih dan asri.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa

8 Juli 2024 - 16:29 WIB

Cagar Alam Desa Kubung Terancam Punah Akibat Pertambangan Liar, Potensi Wisata Air Panas Terbengkalai

4 Juli 2024 - 22:28 WIB

PAC Pemuda Pancasila Pebayuran Bagikan Takjil

29 Maret 2024 - 18:38 WIB

Peduli Pelestarian Alam Ansor Banser Gajah Tanam 500 Pohon Pule

9 Maret 2024 - 18:48 WIB

Komitmen Selamatkan 20.000 Jiwa, Polres Banyuasin Musnahkan Barang Narkotika

16 Januari 2024 - 13:44 WIB

Camat Selat Penuguan Gelar Sosialisasi Penanggulangan Karhutla untuk 12 Desa

26 Desember 2023 - 22:06 WIB

Trending di LINGKUNGAN