Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

DESA · 18 Mei 2023 09:34 WIB ·

Desa Rawan Banjir, Dipimpin Perempuan Tangguh yang Mempersatukan Warga


 Desa Rawan Banjir, Dipimpin Perempuan Tangguh yang Mempersatukan Warga Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Desa Sitiarjo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, memang terkenal sebagai desa langganan banjir setiap musim hujan. Namun, di balik stigma tersebut, desa ini dipimpin oleh seorang perempuan tangguh bernama Mamik Misniati (57).

Ibu Kades ini tak kenal lelah membersamai warganya dalam menghadapi berbagai persoalan desa, termasuk banjir yang rutin melanda. Kegigihan dan kepemimpinannya yang inspiratif berhasil mempersatukan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama membangun desa.

Meskipun tergolong desa rawan bencana nasional, Sitiarjo kini menunjukkan geliat pembangunan yang nyata. Hal ini terlihat dari semangat gotong royong warga dalam memperbaiki jalan dan infrastruktur yang rusak akibat banjir. Kekompakan ini semakin terlihat jelas dalam acara tasyakuran desa (bersih desa/encek2an) yang diadakan pada 16 Mei 2023.

Acara yang dihelat di balai desa ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk arak-arakan tumpeng dan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Semar mBagun jiwo”. Lakon ini seolah menggambarkan semangat masyarakat Sitiarjo dalam menata diri dan menghadapi perkembangan zaman.

Mamik Misniati meyakini bahwa kemajuan desa sangat bergantung pada sinergi antara masyarakat dan pemerintah desa. Tanpa kerjasama yang solid, desa akan sulit mencapai kemandirian di berbagai aspek kehidupan.

Kisah Sitiarjo dan Mamik Misniati menjadi contoh inspiratif bagaimana kepemimpinan yang tangguh dan visioner dapat membangkitkan semangat kolektif dan membawa perubahan positif bagi sebuah desa, bahkan di tengah keterbatasan dan tantangan.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Korban Tewas Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Jadi Dua

1 Juli 2024 - 13:34 WIB

Pertama di Banten, Kades Se Kab Lebak Terima SK Perpanjangan

25 Juni 2024 - 21:32 WIB

Trending di DESA