Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 30 Mei 2023 22:07 WIB ·

Desa Damai, Program Pemberdayaan Perempuan Desa Untuk Banyuwangi


 Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (kedua kiri), Presdir Japan Tobacco International (JTI) Indonesia  Manos Koukourakis (kiri), Perwakilan  Japan Tobacco Takahiro Kumamoto (kedua kanan) dan Direktur Eksekutif Wahid Foundation Mujtaba Hamdi, bersama-sama memegang plakat pada peresmian Kolaborasi Program Desa Damai, di Jakarta (30/5/2023). Perbesar

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (kedua kiri), Presdir Japan Tobacco International (JTI) Indonesia Manos Koukourakis (kiri), Perwakilan Japan Tobacco Takahiro Kumamoto (kedua kanan) dan Direktur Eksekutif Wahid Foundation Mujtaba Hamdi, bersama-sama memegang plakat pada peresmian Kolaborasi Program Desa Damai, di Jakarta (30/5/2023).

Jakarta (DESA MERDEKA) – Banyuwangi, Jawa Timur, terpilih sebagai lokasi pengembangan program Desa Damai, yang notabene merupakan kerjasama Wahid Foundation (WF) bersama Japan Tobacco International (JTI) Indonesia.

“Program Desa Damai di Banyuwangi akan berfokus pada pemberdayaan ekonomi terhadap para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), khususnya bagi para perempuan yang telah terpukul karena situasi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan,” terang Yenny Wahid.

Sejatinya, Desa Damai merupakan program WF yang telah dicanangkan sejak 2017 dan diciptakan sebagai upaya untuk meminimalisir konflik masyarakat sosial dan mencegah pengaruh radikalisme, melalui pemberdayaan masyarakat.

Kedutaan Jepang merupakan salah satu pihak yang turut merancang terbentuknya Desa Damai, sebuah program yang diyakini mampu meningkatkan ketahanan masyarakat dari potensi konflik. Mendorong peran dan partisipasi perempuan dalam perdamaian. Program Desa Damai yang didukung oleh JTI Indonesia ini akan ditujukan kepada komunitas di dua desa yang ada di Banyuwangi.

Terkait kontribusinya dalam program ini, Manos Koukourakis, Presiden Direktur JTI Indonesia mengatakan bahwa pihaknya merasa terdorong untuk ikut mengembangkan program Desa Damai karena JTI menyakini bahwa hidup dalam kondisi aman dan damai merupakan hak setiap orang. Untuk itu, ia berharap bahwa kontribusi JTI dapat menyentuh komunitas-komunitas yang saat ini belum sepenuhnya berdaya.

Direktur Eksekutif Wahid Foundation Mujtaba Hamdi memaparkan alasan pemilihan kedua desa di Banyuwangi tersebut. Mujtaba menjelaskan bahwa kedua desa memiliki latar belakang, potensi konflik masyarakat, ekonomi, pendidikan dan keragaman sosial yang berbeda. Kondisi itu pada satu sisi membentuk kerentanan konflik namun di sisi lain menjadi potensi kolaborasi dalam membangun untuk ketahanan masyarakat yang baik sosial dan kuat.

Mujtaba menekankan bahwa melalui program Desa Damai, WF bermaksud membina mendukung aktor perempuan menjadi pelopor ketahanan masyarakat, tidak terbatas hanya pembangunan perdamaian atas konflik sosial dan radikalisme, namun juga pada isu-isu lainnya yang terjadi di masyarakat.

Peresmian program ini turut dihadiri oleh Kanasugi Kenji, Duta Besar Jepang untuk Indonesia.

 

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Upaya Memperluas Cakrawa Artistik JLF 2024 Gelar Lengger Banyumasan

15 Juni 2024 - 10:01 WIB

Kapolres Metro Bekasi Gelar Olahraga Bersama Dan Berikan Doorprize Sambut HUT Bhayangkara ke -78

14 Juni 2024 - 17:55 WIB

INTERVENSI SERENTAK PENCEGAHAN STUNTING DI CIKULUR

12 Juni 2024 - 12:03 WIB

Terbukti Langgar AD/ART dan Kode Etik, FORKI Malut Beroleh SP-Satu Dari KONI Malut

10 Juni 2024 - 21:00 WIB

Ajak jaga Keamanan Lingkungan, Polres Metro Bekas Laksanakan Kunjungan Ke Wilayah Hukum Polres Metro Bekasii

9 Juni 2024 - 11:34 WIB

Dukung Kiayi Aep, Milenial di Lebak Inginkan Lebak Melesat Berkemajuan

4 Juni 2024 - 19:01 WIB

Trending di RAGAM