Menu

Mode Gelap
Pertashop: Solusi Entaskan Kemiskinan dan Percepat Kesejahteraan Desa di Kalsel Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens)

DESA · 10 Mar 2024 10:13 WIB ·

Desa Bonto-Bontoa Susun Rancangan RPJMDes Bersama Masyarakat


 Desa Bonto-Bontoa Susun Rancangan RPJMDes Bersama Masyarakat Perbesar

Bantaeng (DESA MERDEKA) – Desa Bonto-Bontoa, Kecamatan Tompobulu, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk membahas Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) pada hari Sabtu, 9 Maret 2024. Acara ini dihadiri oleh perwakilan masyarakat, Badan Permusyawarahan Desa (BPD), dan tamu undangan, termasuk Plt Camat Tompobulu yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Ramli, S.Sos, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa Ir. Amir Ali, Pendamping Desa Pemberdayaan Safri, S.kom, Pendamping Lokal Desa Hasan Habibu, S.Pd, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan tokoh masyarakat lainnya.

Musdes ini merupakan langkah penting dalam menyusun RPJMDes, yang menjadi pedoman pembangunan desa selama 6 tahun masa pemerintahan. RPJMDes disusun oleh tim yang terdiri dari 11 orang atau minimal 7 orang, termasuk kepala desa, sekretaris desa, LPM, dan kader desa atau unsur masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kasi Pemerintahan Ramli, S.Sos, menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah desa atas keberhasilan tim penyusun Rancangan RPJMDes. Dia mengajak masyarakat untuk bahu membahu dan terlibat aktif dalam pembangunan desa, mulai dari pendataan, pemanfaatan data, hingga penyampaian laporan pemerintah.

Ir. Amir Ali, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, menuturkan bahwa Rancangan RPJMDes bagaikan “Alquran” desa, yang menjadi pedoman dan petunjuk dalam pembangunan. Dia mengajak masyarakat untuk memeriksa kembali hasil kajian tim penyusun dan memberikan masukan untuk menyempurnakan Rancangan RPJMDes.

Kepala Desa Bonto-Bontoa, H. Syamsuddin. B, dalam tanggapannya, mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan masukan dari para tamu undangan dan masyarakat. Dia menekankan pentingnya solidaritas dan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan desa.

Musdes ini menghasilkan tambahan poin kegiatan dari peserta yang akan diproses dan dimasukkan ke dalam penyusunan dokumen RPJMDes sebelum penetapan. Ada juga usulan dari masyarakat untuk memekarkan satu dusun lagi menjadi dua, mengingat Dusun Bulu-Bulu yang dimaksud terlalu luas.

Musdes diakhiri dengan sesi foto bersama kepala desa, kepala dusun, RT/RW, dan masyarakat lainnya.

 

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Danrem 041 Garuda emas Bedah Rumah, Bantu Masyarakat Bengkulu Tengah Punya Hunian Layak!

15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Datangi Kantor Gubernur, Ratusan Perangkat Desa Kabupaten Lahat  Gelar Audensi

15 Juli 2024 - 09:18 WIB

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Trending di DESA