Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

DESA · 29 Mei 2023 15:24 WIB ·

Data IDM Mitra Masih Minim, Desa Diminta Berpacu


 Data IDM kabupaten Minahasa Tenggara per tanggal 29 Mei 2023. Perbesar

Data IDM kabupaten Minahasa Tenggara per tanggal 29 Mei 2023.

Minahasa Tenggara (DESA MERDEKA) – Desa-desa di kawasan Kabupaten Minahasa Tenggara, diharapkan untuk melakukan akselerasi dalam proses penginputan data  indeks Desa Membangun (IDM).

“Perlu didorong lagi oleh pemerintah yang ada di desa masing-masing, sehingga proses penginputan IDM ini boleh tuntas,“ terang Ir.Denny Sandag, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara.

Ir.Denny Sandag, Koordinator P3MD Kabupaten Minahasa Tenggara

Data terkini di Minahasa Tenggara berkaitan Indeks Desa membangun yang salah satu fungsinya untuk menetapkan status desa, penginputannya masih berada di angka 31,1 %, sehingga harus mendapatkan perhatian dari desa.

“Untuk Minahasa Tenggara baru tiga Kecamatan yang tuntas, yaitu Kecamatan Tombatu, Tombatu Utara dan Touluaan Selatan, 3 Kecamatan ini sudah menginput 100 % data dan Kecamatan pasan baru sekitar 72,7 % sehingga untuk tingkat kabupaten kita sudah kisaran 31 %,” papar Ir.Denny Sandag.

drh.Mokhamad Joko Purnomo, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara

Harapan agar desa-desa di Minahasa Tenggara untuk segera menuntaskan pendataan IDM, juga datang dari PIC untuk IDM di Minahasa Tenggara.

“Desa harus berpacu proses penginputan, saat ini kecamatan yang sudah mulai bergerak pengisiannya yaitu Kecamatan Ratahan Timur dan juga Kecamatan Ratatotok, kecamatan yang lain masih 0 % artinya belum melakukan penginputan,“ terang drh.Mokhamad Joko Purnomo, Tenaga Ahli pemerintah masyarakat yang juga ditugaskan sebagai PIC untuk IDM di Minahasa Tenggara.

Dara data inputan IDM Minahasa Tenggara terbaru, jumlah Desa Mandiri berada pada jumlah 26 desa, dimana jumlah tersebut meningkat dari tahun 2022, yang hanya terdapat 18 desa berstatus desa mandiri.

“Kami juga mengapresiasi tiga kecamatan yang telah tuntas 100 % penginputan IDM-nya, bahkan sudah selesai sejak minggu kedua bulan Mei ini dan telah menandatangani berita acara,“ kata Joko Purnomo.

Proses pendataan IDM masih berlangsung di seluruh desa di Indonesia termasuk  desa-desa yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Cikulur Gencarkan Edukasi Ibu Hamil PKH Lewat P2K2 Gabungan

9 Juli 2024 - 22:14 WIB

Perangi Stunting di Puger: Kader Desa Ikuti Bimtek Evaluasi EHDW dan Persiapan Rembuk Stunting

9 Juli 2024 - 17:25 WIB

Semarak Hari Jadi Desa Pasirgintung ke-17 Berpadu dengan Malam Tahun Baru Islam 1446H

7 Juli 2024 - 16:45 WIB

Bina Wilayah Desa Pasanggrahan Siap Dinilai, Targetkan Raih Terbaik!

4 Juli 2024 - 15:16 WIB

Korban Tewas Ledakan Sumur Minyak Ilegal di Muba Bertambah Jadi Dua

1 Juli 2024 - 13:34 WIB

Pertama di Banten, Kades Se Kab Lebak Terima SK Perpanjangan

25 Juni 2024 - 21:32 WIB

Trending di DESA