Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

PEMERINTAHAN · 26 Jul 2023 08:43 WIB ·

Dampingi Iriana Jokowi, Lilik Umi Nashriyah Sosialisasikan OASE KIM Peduli Stunting di Banyuwangi


 Banyuwangi - Istri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Lilik Umi Nashriyah bersama sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mendampingi Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin mengunjungi Kabupaten Banyuwangi dalam rangka sosialisasi OASE KIM peduli Stunting pada Selasa (25/7).Selain melakukan kunjungan kerja ke pendopo, Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf Amin beserta anggota OASE KIM melaksanakan kegiatan lainnya di kawasan Pantai Bangsring 
Foto : Angga/KemendesPDTT Perbesar

Banyuwangi - Istri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Lilik Umi Nashriyah bersama sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mendampingi Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin mengunjungi Kabupaten Banyuwangi dalam rangka sosialisasi OASE KIM peduli Stunting pada Selasa (25/7).Selain melakukan kunjungan kerja ke pendopo, Iriana Jokowi dan Wury Ma'ruf Amin beserta anggota OASE KIM melaksanakan kegiatan lainnya di kawasan Pantai Bangsring Foto : Angga/KemendesPDTT

Banyuwangi (DESA MERDEKA) – Istri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Lilik Umi Nashriyah, bersama sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), mendampingi Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin dalam kunjungan sosialisasi OASE KIM Peduli Stunting pada Selasa (25/7/2023).
Acara berlangsung di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, di mana Iriana dan Wuri bersama anggota OASE KIM melaksanakan demo gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS), senam, bermain permainan tradisional bersama anak-anak, dan melakukan sosialisasi OASE KIM Peduli Stunting.
Dalam kesempatan tersebut, Lilik Umi, yang merupakan anggota bidang 2 yang menangani permasalahan stunting, menyampaikan laporan tentang kunjungan kerja Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin yang bertujuan untuk membantu percepatan penurunan stunting sesuai arahan Presiden RI yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.
Presiden RI menargetkan prevalensi stunting nasional mencapai 14 persen pada tahun 2024, sedangkan prevalensi stunting pada tahun 2022 masih mencapai angka 21,6 persen. Oleh karena itu, dibutuhkan penurunan sebesar 3,6 persen setiap tahunnya untuk mencapai target tersebut.
Lilik Umi Nashriyah menjelaskan bahwa sasaran percepatan penurunan stunting meliputi remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 0-59 bulan. Intervensi stunting diperlukan baik sebelum kelahiran (prenatal) maupun setelah kelahiran (postnatal).
OASE KIM bidang 2 telah menyelenggarakan sejumlah program di Banyuwangi, termasuk penyuluhan optimalisasi kandungan gizi makanan dan memberikan bantuan makanan tambahan bergizi kepada anak-anak yang berisiko stunting. Bantuan ini disalurkan melalui kader posyandu terdekat yang diawasi oleh puskesmas serta dimonitor oleh anggota OASE bidang 2 setiap minggu. Bupati, yang merupakan salah satu anggota bidang dua, juga turut mendukung program ini.
Selain itu, Dinas Kesehatan memberikan penyuluhan kepada 36 kader posyandu yang akan menyalurkan bantuan pemberian makanan tambahan.
Program percepatan penurunan stunting di Banyuwangi ini menjadi pilot project OASE KIM bidang 2 karena belum pernah dilaksanakan oleh pihak manapun. Apabila berhasil, program ini akan diterapkan di wilayah-wilayah lain dengan prevalensi stunting yang tinggi.
Selain kunjungan ke pendopo, Iriana Jokowi, Wury Ma’ruf Amin, dan anggota OASE KIM juga melakukan kegiatan lain di kawasan Pantai Bangsring, yakni membersihkan pantai serta melepasliarkan tukik atau anak penyu di Kawasan Pantai Bangsring, Kabupaten Banyuwangi.
Kemendes PDTT
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Dapat Pembangunan Rehab Pihak SMPN 1 Pebayuran Ucapakan Terimakasih

14 Juni 2024 - 10:40 WIB

Dapat Bangunan Pemagaran Kepsek SDN Bantarsari01 Ucapakan Terimakasih

14 Juni 2024 - 08:17 WIB

Jalin Sinergitas,Forkopimcam Kedungwaringin dengan Ormas Pemuda Pancasila Ciptakan Kondusifitas Jelang Pilkada

28 Mei 2024 - 14:26 WIB

Gandeng PSSI, Disdik Resmi Buka GSI Jenjang SMP Tingkat Kab.Bekasi

15 Mei 2024 - 13:42 WIB

Kab.Bekasi Juara Internasional Football Championship U-13

14 Mei 2024 - 13:20 WIB

Jangan Khawatir, Stok Kebutuhan Pokok di Banyumas Aman dan Terjangkau Hingga Lebaran

27 Maret 2024 - 22:04 WIB

Trending di PEMERINTAHAN