Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 7 Sep 2023 14:00 WIB ·

Cegah Stunting Di Pesawaran, Nanda Indira Dendi Mengajak “Si Besti GASPOLL”


 Cegah Stunting Di Pesawaran, Nanda Indira Dendi Mengajak “Si Besti GASPOLL” Perbesar

Desa Merdeka – Pesawaran : Ketua Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) Kabupaten Pesawaran Hj. Nanda Indira Dendi, S.E., M.M., membuka sekaligus memberikan amanat dalam Kegiatan Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Cluster I bertempat di Aula Saung Singgah BUMDesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) Kecamatan Way Ratai tepatnya di Desa Wates Way Ratai Kecamatan Way Ratai, Selasa (5/9/23).

Pada kesempatan tersebut Ketua TPPS Kabupaten Pesawaran yang diwakili oleh Wakil Ketua TP PKK Kab. Pesawaran Ibu Nurhayati, S.Pd., M.M., mengajak untuk melakukan upaya pencegahan stunting melalui keterpaduan penyelenggaraan intervensi gizi pada lokasi dan kelompok sasaran prioritas (rumah tangga 8000 HPK).

Dalam amanahnya, Ibu Ketua TPPS Kabupaten Pesawaran juga menegaskan bahwa sesuai dengan prinsip kerjanya, KPM diharapkan dapat selalu bersinergi dalam melakukan proses perencanaan, pelaksanaan serta pemantauan kegiatan, bersama pelaku program dan lembaga lainnya seperti Bidan Desa, petugas puskesmas (ahli gizi, sanitarian), guru PAUD, dan Aparat Desa.

Pelatihan KPM yang mengusung Tema  “Beraksi Bersama dan Sehati dengan KPM dalam Mewujudkan Kabupaten Pesawaran Bebas Stunting”, ini dihadiri oleh 162 Orang Peserta yang merupakan gabungan dari 2 orang KPM dan 1 orang perangkat desa dari setiap Desa di wilayah Cluster 1 yang merupakan gabungan dari 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Marga Punduh, Punduh Pedada, Padang Cermin, Way Ratai dan Teluk Pandan.

Turut hadir dalam kegiatan Pelatihan KPM, Ketua APDESI Kab. Pesawaran, Camat, Ketua APDESI Kecamatan, Ketua BKAD Kecamatan, Ketua TPPS Kecamatan, Ketua TPPS Desa, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa pada Cluster I. Adapun Narasumber yang dihadirkan adalah, Kadis PMD Kabupaten Pesawaran, Drs. Nur Asikin, M.IP., dan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Pesawaran, Ibu Nina Citra Ivana.

Sebagai bentuk komitmen dan konsistensi dalam menangani dan mencegah Stunting di Kabupaten Pesawaran, Ketua TPPS Kabupaten Pesawaran melalui Dinas PMD sentiasa akan melakukan pembinaan kepada masyarakat, Desa & KPM serta optimalisasi Rumah Desa Sehat (RDS) di tiap Desa untuk menjadi wahana bersama dalam rangka kegiatan promotif, preventif serta penggalian gagasan dan rumusan masalah terkait percepatan penurunan dan penanganan stunting.

Dengan tagline, “Si Besti” (Beraksi Bersama & Sehati), Ibu Ketua TPPS Kabupaten Pesawaran mengajak seluruh komponen masyarakat dan Desa di Bumi Andan Jejama untuk “GASPOLL”(1. Gizi cukup & seimbang bagi Ibu Hamil & Balita; 2. Asi Eksklusif sampai bayi usia 6 Bulan; 3. Sanitasi lingkungan harus terjaga; 4. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanam buah & sayur; 5. ODF 100% – Bebas BAB Sembarangan; 6. Laksanakan PHBS – Perilaku Hidup Bersih & Sehat; 7. Layanan Posyandu, parenting, kesehatan remaja, calon pengantin & pasangan usia subur).

Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA