Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

LINGKUNGAN · 26 Des 2023 22:06 WIB ·

Camat Selat Penuguan Gelar Sosialisasi Penanggulangan Karhutla untuk 12 Desa


 Camat Selat Penuguan Gelar Sosialisasi Penanggulangan Karhutla untuk 12 Desa Perbesar

Banyuasin (DESA MERDEKA) – Pemerintah Kecamatan Selat Penuguan (Selpen) menggelar sosialisasi penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terhadap 12 desa di wilayahnya, pada Selasa (26/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa pencegahan karhutla adalah tanggung jawab bersama. Sosialisasi ini juga menekankan pentingnya upaya pencegahan untuk meminimalisir terjadinya karhutla yang dapat menimbulkan kerugian besar.

Camat Selat Penuguan, Samsudin S.Pd., M.Si., memimpin langsung acara sosialisasi ini. Hadir pula Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Dinas PMD Kabupaten Banyuasin yang diwakili oleh Kabid Bagian Pedesaan, serta kepala desa dan perangkat desa dari 12 desa yang mengikuti acara.

Dalam sambutannya, Camat Samsudin memberikan arahan kepada para kepala desa dan perangkat desa agar dapat menjalin koordinasi yang baik dalam menangani berbagai permasalahan, khususnya terkait karhutla.

“Sebagai perangkat desa, kalian harus paham dan sigap dalam membantu tugas kepala desa. Jangan sampai tugas yang menjadi tanggung jawab bersama dibebankan kepada kepala desa saja,” tegasnya.

Camat Samsudin juga menekankan pentingnya sosialisasi, imbauan, dan edukasi tentang bahaya karhutla kepada masyarakat.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga menyampaikan hal yang sama terkait bahaya karhutla dan ancaman pidana bagi yang sengaja melakukannya. Ancaman pidana bagi pelaku karhutla dapat mencapai 15 tahun penjara dan denda.

“Pemerintah telah mengambil langkah tegas dan serius dalam menangani permasalahan karhutla. Oleh karena itu, kita tidak boleh menganggap remeh hal ini,” ujar salah satu Bhabinkamtibmas.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat di Kecamatan Selat Penuguan semakin sadar akan bahaya karhutla dan dapat bekerja sama dalam mencegah terjadinya kebakaran di wilayah mereka.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa

8 Juli 2024 - 16:29 WIB

Cagar Alam Desa Kubung Terancam Punah Akibat Pertambangan Liar, Potensi Wisata Air Panas Terbengkalai

4 Juli 2024 - 22:28 WIB

PAC Pemuda Pancasila Pebayuran Bagikan Takjil

29 Maret 2024 - 18:38 WIB

Peduli Pelestarian Alam Ansor Banser Gajah Tanam 500 Pohon Pule

9 Maret 2024 - 18:48 WIB

Komitmen Selamatkan 20.000 Jiwa, Polres Banyuasin Musnahkan Barang Narkotika

16 Januari 2024 - 13:44 WIB

Di Sitiarjo, DLH Kabupaten Malang Bagikan Tempat Sampah, Jaga Kelestarian Lingkungan

10 Januari 2024 - 14:06 WIB

Trending di LINGKUNGAN