Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

RAGAM · 26 Mei 2023 09:21 WIB ·

Camat Keling Pembinaan IDM, Kecamatan Tahunan Laksanakan Bimtek dan Desa Mindahan Kidul Kec. Batealit Pertama selesaikan IDM 2023.


 Pelaksanaan BIMTEK IDM 2023 Perbesar

Pelaksanaan BIMTEK IDM 2023

JEPARA ( DESA MERDEKA ) – Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari Pemerintah sesuai dengan partisipasi Masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Pemerintah Kecamatan Keling Kabupaten Jepara bersama Pendamping Desa melaksanakan BIMTEK Pengisian Quesioner kepada Seluruh Desa di Kecamatan Keling, tercatat 12 Desa yaitu Desa Tempur, Damarwulan, Kunir, Watuaji, Klepu, Tunahan, Keling, Kaligarang, Jlegong, Kelet dan Bumiharjo, delegasi peserta Bimtek dari Desa adalah Perangkat Desa dan Sebagian Operator yang diberikan tugas untuk melakukan penginputan data. ( 26 Mei 2023 ).

Pendamping Desa Kecamatan Keling yang dikomandoi oleh Bahruddin, Arina Zulia Sabara, Yon Andriyan, Muhajib, Agus Supriyadi dan Abdul Latif Anwar secara bersama-sama melakukan pendampingan pada wilayah Desa masing-masing saat bimtek memahami tata cara pengisian, sumber data yang dimasukkan dalam questioner sampai penerbitan berita acara hasil pengisian yang memuat skor dan status Desa.

Camat Keling Drs. Budi Krisnanto, MH, menyampaikan, “ Desa Mandiri tahun 2022 di Kecamatan Keling baru 2 Desa, yaitu Desa Jlegong dan Desa Kelet, mari kita pedomani peraturan yang ada, hari ini kita diberikan materi dan informasi serta forum komunikasi jika mengalami kendala, bisa ditanyakan langsung kepada para TAPM Jepara ( Farida Zuyuni, Miftahul Ulum dan Adib Akrom ), yang menjadi narasumber kegiatan ini, kami berharap tahun 2023 dan tahun-tahun selanjutnya ada perkembangan skor dan status, hasil penilaian IDM menjadi referensi kita bersama untuk program kerja pembangunan Desa “.

Perangkat indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa. Kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

BIMTEK IDM 2023 Kecamatan Tahunan Jepara

Sementara di tempat yang berbeda, Pemerintah Kecamatan Tahunan juga dengan Para Pendamping Desa yang di komandoi oleh Wiwin Dedi Winardi, Sholeh, Sigit Murtiyanto, Basori, Ubaidillah dan Ahmad Faiz secara bersama-sama mendampingi wilayah tugas masing-masing, peserta dari Desa yang hadir sebanyak 15 orang, bimtek pengisian koisioner pemutakhiran data IDM dengan tujuan agar progres lebih cepat, karena ada beberapa desa sudah berada di 90% keatas penginputannya dan ada yang sudah 100% yaitu desa Krapyak.
Acara di buka oleh kasi PMD kecamatan tahunan ibu Hofsatun Joesoef SH dan di lanjutkan pemaparan tentang IDM oleh TPP kecamatan tahunan wiwin dedi winardi kemudian teknis di sampaikan muhammad Ali basori. Desa di kecamatan tahunan ada 15 desa di tahun 2022 sudah ada 2 desa yang sudah mandiri yaitu desa Tegalsambi dan tahunan, 13 desa lainnya desa maju. Di harapkan di tahun ini ada penambahan desa mandiri di wilayah kecamatan tahunan. Seperti mantingan, ngabul, Krapyak, teluk awur merupakan desa yang indeknya sudah mendekati desa mandiri di tahun kemarin.

Tercatat pertanggal 26 Mei 2023, Desa di Kabupaten Jepara yang pertama kali telah menyelesaikan pengisian questioner adalah Ds. Mindahan Kidul Kecamatan Batealit, yang selama proses pengisian telah di dampingi para Pendamping Desa yang di komandoi oleh Ahmad Risal Syamsudin, Arlina, Shodiqin dan Vika Cahyani.

 

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

INTERVENSI SERENTAK PENCEGAHAN STUNTING DI CIKULUR

12 Juni 2024 - 12:03 WIB

Terbukti Langgar AD/ART dan Kode Etik, FORKI Malut Beroleh SP-Satu Dari KONI Malut

10 Juni 2024 - 21:00 WIB

Ajak jaga Keamanan Lingkungan, Polres Metro Bekas Laksanakan Kunjungan Ke Wilayah Hukum Polres Metro Bekasii

9 Juni 2024 - 11:34 WIB

Dukung Kiayi Aep, Milenial di Lebak Inginkan Lebak Melesat Berkemajuan

4 Juni 2024 - 19:01 WIB

Ketum dan Sekum Jalan Sendiri, Pengprov Perguruan dan Pengprov FORKI Malut Gelar Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov)

27 Mei 2024 - 07:18 WIB

Dipulangkan, Tim Karate Malut Urung Berlaga di Kejurnas Karate Antar PPLP PPLPD dan SKO 2024 di Manado

14 Mei 2024 - 18:50 WIB

Trending di RAGAM