Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 24 Feb 2024 16:56 WIB ·

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR


 BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR Perbesar

DESA MERDEKA – (BANDAR LAMPUNG) : Forum Komunikasi BUM Desa Bersama LKD Kabupaten Lampung Timur berkolaborasi dengan Kemendesa PDTT, Dinas PMD Kab. Lampung Timur dan PKN STAN menyelenggarakan Workshop Laporan Keuangan BUM Desa sesuai standar. Bertempat di Bandar Lampung, kegiatan yang berlangsung mulai dari tanggal 21 sd 24 Februari 2024 dibuka langsung oleh Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Kemendesa PDTT Dr. Ivanovich Agusta. Pada saat pembukaan Doktor alumnus dari IPB ini menyampaikan bahwa “laporan keuangan BUM Desa kedepan harus diaudit oleh Kantor Akuntan Publik, agar BUM Desa bisa naik kelas dan mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal”

Sementara itu Kepala Dinas Pembendayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lampung Timur dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan workshop Kerjasama dengan PKN STAN ini, merupakan inisiatif dari Forum Komunikasi BUM Desma LKD Lampung Timur. “Ijin menyampaikan Pak Kaban bahwa kami dari Dinas Kabupaten maupun Provinsi terus menggiatkan peran BUM Desa/BUM Desma, dalam waktu dekat BUM Desa akan menjadi distributor Pupun, Beras dan Obat”, ujar Kepala Dinas yang terkenal energik ini. Pada workshop ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung juga turut hadir pada saat pembukaan.

Selain kolaborasi dengan Kemendesa PDTT, dan PKN STAN, kegiatan workshop ini juga disuport oleh Kementerian Keuangan di Lampung. Kakanwil DJPB Provinsi Lampung Muhammad Doddy Fachrudin dalam sembutanya menyatakan “Kegiatan kolaborasi Kemenkeu One, adalah bentuk sinergi lintas unit/instansi di lingkungan Kemenerian Keuangan. Kami dari DJPB Lampung sangat support dan akan mempromosikan dan menfasilitas untuk pengembangan peras BUM Desa ke depan”

Mewakili Tim dosen PKN STAN, Tanda Setiya sangat memberikan apresiasi kepad BUM Desma LKD Lampung Timur yang telah bersungguh-sungguh menyelenggarakan kegiatan ini. Pendanaan seluruhnya dari BUM Desma dan antusias serta keterbukaan untuk mau berkembang adalah modal utama untuk menuju BUM Desa yang laporan keuanganya disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (ETAP/EP). Semoga laporan keuangan BUM Dema LKD suatu saat nanti bisa audited KAP. Dari PKN STAN insyaAllah akan melanjutkan kegiatan ini dalam bentuk pendampingan sehingga nanti akan dibentuk CoP (Communite on Practices) agar terus terhubung dan terkomunikasi pembinaan laporan keuangan BUM Desa. PKN STAN Kerjasama dengan Kemendesa dan Dinas juga berencanana untuk menyelenggarakan ToT Penyusunan Laporan Keuangan BUM Desa dalam Program Percepatan Akuntabiltas Penyusulan Laporan Keuangan BUM Desa.

Kegiatan wokshop laporan keuangan BUM Desma ini diikuti oleh 16 BUM Desama LKD dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur, masing-masing BUM Desma mengirimkan 2 peserta. Target dari workshop ini adalah BUM Desma LKD bisa menyusun laporan keuangan lengkap dengan menggunakan aplikasi yang disusun oleh Tim PKN STAN. Seluruh peserta dipastikan benar-benar bisa praktek atas dokumen-dokumen transaksi yang terjadi di BUM Desma LKD masing-masing, demikian penjelasan Ardian Indra sebagai koordinator kegiatan.

Pada sesi workshop kegiatan dipandu oleh narasumber dari dosen PKN STAN. Andy Hamzah pada sesi 1 menyampaikan materi terkait dengan dasar-dasar akuntansi dan pentingnya akuntabilitas laporan keuangan BUM Desa. Terkait dengan Latihan penggunaan aplikasi laporan keuangan BUM Desa, disampaikan oleh Kodirin. Pada sesi Latihan ini sangat menarik karena para peserta baru pertama kali menggunakan aplikasi keuangan BUM Desa berbasis excell yang dikembangkan oleh Tim Dosen PKN STAN.

Sesi 2, peserta mulai melakukan inputing atas dokumen-dokumen riil yang terjadi pada BUM Desa masing-masing. Bahkan peserta diberikan pembimbingan untuk melakukan dokumentasi sumber dengan tertib. Hal ini penting agar kedepan apabila BUM Desa siap untuk diaudit KAP maka dokumen mudah untuk dilacak ketika dibutuhkan.

Pada hari terakhir hari ini seluruh peserta diyakinkan telah melakukan pencatatan dengan benar dan dilengkapu dengan mencetak laporan keuangan dari masing-masing BUM Desma peserta. Kegiatan diakhiri dengan penutupan yang ditutup oleh pejabat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Lampung Timur beserta undangan terkait.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemdes Pandansari Klarifikasi Pemberitaan Media Terkait Pembangunan Wisata Yang Tidak Sesuai Fakta

6 Juni 2024 - 11:21 WIB

Jalani UKK di DPP PKB, K.H Syaepudin Asy Syadizly Yakin Dapat Rekomendasi

30 Mei 2024 - 23:40 WIB

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Trending di DESA