Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 10 Jun 2023 23:02 WIB ·

Bentuk Peduli Desa Kepada Petani, Branti Raya Bangun Jalan Usaha Tani


 Bentuk Peduli Desa Kepada Petani, Branti Raya Bangun Jalan Usaha Tani Perbesar

Lamsel (Desa Merdeka)-Jalan Usaha Tani dibangun di Desa Branti Raya Dusun Srirejo Rt 34 Kecamatan Natar Kabupaten Lamsel dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian di Desa, Jumat (09/06/2023).

Pembangunan jalan usaha tani dalam bentuk onderlagh dengan Volume 300 x 3 M ini menelan biaya sebesar Rp.91.250.000,-

Kepala Desa Branti raya Rizal mengungkapkan peningkatan Jalan usaha Tani (Onderlagh) ini adalah salah satu bentuk perhatian Desa kepada para petani yang ada di Desa branti raya.

Sebelum pelaksanaan pembangunan jalan tersebut terlebih dulu dilakukan trial yang dihadiri oleh Camat Natar, Babinsa, Bhabinkantibmas serta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Natar.

Dalam pelaksanaan trial tersebut pendamping Desa memberikan arahan dan petunjuk teknis terkait tata cara pembangunan jalan onderlagh.

Menurut Arif Pendamping Desa, kegiatan pembangunan harus di bangun berdasarkan Desain dan RAB yang ada di dalam APBDes, begitu juga dengan Volume yang ada.

Pekerjaan dimulai dengan Pemasangan tali kanan, kiri dan tengah agar pekerjaan lurus dan rapi, kemudian dihamparkan pasir urug dan diratakan di media jalan yang akan di bangun.

Setelah itu lakukan pemasangan batu pokok tepi 15/20 yang dipasang berdiri pada kanan kiri dan bagian tengah dipasang tidur ujar Arif.

Pasang batu berukuran 10/15 berdiri dan rapat,. pada bagian rongga/celah di isi dengan batu 5/7 atau pecahan kecil, setelah semua pemasangan selesai gilas dengan vibrator roller,dan hamparkan pasir urug tukasnya lagi.

Camat Natar Supi’ah S.Ag. M.Sc. mengingatkan administrasi kegiatan dilengkapi dan pekerjaan dilakukan sebaik baiknya agar tidak ada masalah dikemudian hari.

“Mudah mudahan jalan yang dibangun ini nanti nya dapat bermanfaat serta dapat meningkatkan produkttivitas pertanian di Desa Branti Raya”, Kata Supi’ah

Tak lupa juga Supi’ah mengajak masyarakat untuk menjaga seluruh hasil pembangunan yang telah dibangun oleh pemerintah Desa.

 

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA