Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

PEMILU · 26 Jun 2024 17:18 WIB ·

Bawaslu Gorontalo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Libatkan Berbagai Elemen Masyarakat


 Bawaslu Gorontalo Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Libatkan Berbagai Elemen Masyarakat Perbesar

Gorontalo (DESA MERDEKA) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston Kota Gorontalo ini berlangsung selama dua hari, sejak 26 hingga 27 Juni 2024.

Sosialisasi ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk organisasi kepemudaan (OKP), organisasi kepemudaan Islam (OKPI), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), Badan Otonom NU, Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PW IKA PMII), perwakilan perguruan tinggi di Gorontalo, Forum Kerukunan Umat Beragama, Pemantau Pemilu, Komite Disabilitas Gorontalo, media cetak, media online, pegiat pemilu dan pemantau pemilu, serta perwakilan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Fadjri Arsad, menyampaikan bahwa Pemilu Serentak Tahun 2024 telah selesai dilaksanakan dan kini tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 tengah berlangsung. Menurutnya, mewujudkan Pilkada yang berintegritas, aman, dan damai membutuhkan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat.

“Masyarakat yang ikut berperan aktif dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada 2024 memiliki andil besar dalam terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil di Provinsi Gorontalo,” ujar Fadjri.

Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Republik Indonesia, Loly Suhenty. Dalam kesempatan tersebut, Loly Suhenty mengungkapkan bahwa salah satu tugas Bawaslu adalah memastikan masyarakat mendapatkan informasi secara cepat dan edukatif tentang bagaimana mereka dapat terlibat dalam pengawasan partisipatif.

“Sosialisasi ini dilakukan oleh Bawaslu secara berjenjang, dan di Provinsi Gorontalo ini kami melibatkan berbagai elemen masyarakat,” jelas Loly.

Loly Suhenty berharap komunikasi yang berkelanjutan antara Bawaslu dan elemen masyarakat yang tergabung dalam pengawasan partisipatif dapat terus terjalin untuk menyongsong tahapan Pilkada 2024 dan pemilu selanjutnya.

“Pengawasan partisipatif sangat penting untuk mewujudkan pemilu dan pemilihan yang demokratis, serta menjaga hak-hak setiap warga negara dalam pemilu,” tegas Loly.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024. Dengan pengawasan yang ketat dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan Pilkada di Gorontalo dapat berjalan dengan lancar, aman, dan berintegritas.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Terbitkan Edaran, Gubernur Sumbar Imbau Masyarakat Gunakan Hak Suara pada PSU DPD RI

10 Juli 2024 - 18:04 WIB

Seorang Pejuang Demokrasi Ditingkat Bawah Gugur Setelah Selesai Bertugas

17 Februari 2024 - 21:22 WIB

Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu Kecamatan Karangjambu Berjalan Aman dan Lancar

7 Februari 2024 - 22:34 WIB

Yakin Menang! TKN Fanta Prabowo-Gibran Gelar  Kopdar Pemilih pemula dari Kalangan Milenial di Banyumas.

6 Februari 2024 - 20:25 WIB

KNPI Bone Bolango Sesalkan Edaran Menyesatkan Via WhatsApp Menimbulkan Kegaduhan.

25 Januari 2024 - 14:56 WIB

Jaga Transparansi, Ketua RW Dipilih Secara Langsung

21 Januari 2024 - 09:45 WIB

Trending di PEMILU