Menu

Mode Gelap
Banjir dan Tanah Longsor Telan 33 Penambang Emas Ilegal Suwawa Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Di Solok Diresmikan DPRD Kalteng Dorong Pengembangan Ekonomi Desa Melalui Sektor Pertanian Kompleks dan Kerajinan Tangan Minyak Atsiri Sumbar Melangkah Maju: Putra Daerah Dirikan PT Alam Anugerah Esensi (Arsens) Tingkatkan Nilai AKIP, Pemkab Banyuasin Konsultasi dengan Kementerian PANRB

PEMERINTAHAN · 4 Jul 2024 22:10 WIB ·

32 Desa di Sanggau Belum Miliki Batas Wilayah, Proses Verifikasi Masih Berlangsung


 Sekretaris DPMPemdes Kabupaten Sanggau, Eddy Santana. (Image courtesy: RRI) Perbesar

Sekretaris DPMPemdes Kabupaten Sanggau, Eddy Santana. (Image courtesy: RRI)

Sanggau (DESA MERDEKA) – Sebanyak 32 desa di Kabupaten Sanggau masih belum memiliki batas wilayah yang jelas. Hal ini berdasarkan hasil verifikasi awal dari Badan Informasi Geospasial (BIG), dimana dari total 163 desa di kabupaten tersebut, hanya 131 desa yang telah mendapatkan ketetapan batas wilayah.

Eddy Santana, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPM Pemdes) Kabupaten Sanggau, menjelaskan bahwa proses penetapan batas wilayah desa masih berlangsung. “Saat ini, baru 131 desa yang telah melalui proses verifikasi awal oleh BIG. Sisanya, yaitu 32 desa, masih dalam tahap proses,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eddy menyoroti kondisi di Kecamatan Kapuas dimana seluruh 20 desa dan enam kelurahan telah berhasil menyelesaikan perbaikan batas wilayah pada tahun 2023. “Di Kecamatan Kapuas, telah mencapai 100 persen, dan Peraturan Bupati terkait hal ini telah diajukan,” tambahnya.

Meskipun demikian, Pemerintah Daerah (Pemda) Sanggau menghadapi beberapa kendala dalam proses verifikasi ini. Salah satunya adalah keterbatasan personel yang mempengaruhi akses mereka terhadap aplikasi e-perda. Hal ini menjadi faktor utama mengapa 32 desa belum dapat masuk ke tahap verifikasi BIG.

“Kami berharap, 32 desa yang masih dalam proses verifikasi ini dapat segera diselesaikan, termasuk pembuatan berita acara batas desa yang menjadi salah satu syarat verifikasi BIG di Kabupaten Sanggau,” tutur Eddy.

Pemda Sanggau berencana untuk mengusulkan proses verifikasi teknis ke BIG pada tahun berikutnya, sebagai langkah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Dengan demikian, diharapkan seluruh desa di Kabupaten Sanggau dapat memiliki ketetapan batas wilayah yang akurat dan sah secara administratif.

Follow WhatsApp Channel Desamerdeka.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Artikel ini telah dibaca 9 kali

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Pemda Sultra Gelar Kegiatan Fasilitasi Pembentukan dan Pembangunan Kawasan Perdesaan

10 Juli 2024 - 21:13 WIB

Dorong Kualitas Hidup Masyarakat, Gus Halim Ajak Pegiat Desa Tingkatkan SDM

6 Juli 2024 - 19:07 WIB

Gus Halim Ajak Bupati dan Ketua DPRD Malang Jadi Nasabah Pertama LKM Artha Desa

5 Juli 2024 - 23:08 WIB

Biro Adpem Setdaprov Sumbar Gelar Evaluasi dan FGD Percepatan Pembangunan

5 Juli 2024 - 10:43 WIB

Gus Halim Dukung Pembentukan PT LKM Artha Desa di Malang

5 Juli 2024 - 06:39 WIB

Pemprov Sumbar Berupaya Raih Predikat A SAKIP 2024

3 Juli 2024 - 18:54 WIB

Trending di PEMERINTAHAN