Menu

Mode Gelap
Pj Bupati Banyuasin Koordinasi Langkah Strategis Penguatan Implementasi SAKIP Untuk Peningkatan Nilai AKIP Perangkat Desa Sulut Meninggal Dunia, BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Program Jaksa Garda Desa, Jadikan Gampong Sukaraja Contoh Pengelolaan Dana Desa Rp 7,5 Miliar Tambahan DD Untuk 65 Desa di Konawe Selatan Muhammadiyah Purbalingga :Kolaborasi Multipihak Wujudkan Zero Waste

DESA · 18 Mei 2023 09:34 WIB ·

Perjuangan Kades Perempuan Dari Malang Selatan


 Perjuangan Kades Perempuan Dari Malang Selatan Perbesar

Malang (DESA MERDEKA) – Desa Sitiarjo kecamatan Sumbermanjing wetan kabupaten Malang, memang tercatat dalam kategori desa rawan bencana nasional, lantaran sudah menjadi desa di kabupaten Malang yang selalu menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Namun yang seringkali terlupakan, Sitiarjo kini dipimpin oleh seorang perempuan tangguh dan kuat, yang selalu membersamai warga Desa Sitiarjo, dalam menghadapi problem desa dan sekaligus mencari jalan keluarnya.

Adalah Mamik Misniati (57), perempuan tangguh yang terus membersamai warga Desa Sitiarjo, tidak hanya saat berhadapan dengan masalah administrasi, namun juga berbagai hal terkait tata ruang, pemulihan kawasan rawan bencana dan masih banyak lagi. Walaupun cobaan datang terus bertubi-tubi, sebagai seorang kepala desa Sitiarjo,  Mamik Misniati terus berdiri paling depan, mengayomi layaknya seorang ibu bagi masyarakat Sitiarjo.

Ibu Kades ini dengan gaya kepemimpinannya, mampu mempersatukan seluruh potensi masyarakat Desa Sitiarjo, untuk bersama-sama dalam satu tekad, membenahi  dan membangun desa bersama-sama. Hal tersebut dapat dengan jelas disaksikan setiap kali Desa Sitiarjo kembali membangun jalan dan infrastruktur yang rusak, usai dilanda banjir yang nyaris rutin hadir setiap musim penghujan tiba.Kekompakan kepala desa dan masyarakat Sitiarjo inilah, yang tergambar jelas dalam wujud syukuran desa ( bersih desa/encek2an) . Acara tasyakuran desa yang dilaksanakan pada 16/5/2023, dengan mengambil tempat di balai desa Sitiarjo, dimeriahkan dengan berbagai bentuk kegiatan, diantara arak-arakan tumpeng, sebagai bentuk syukur dari masyarakat dan tentu saja, pagelaran wayang kulit. Semua elemen masyarakat, menghadiri pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut, dan bersama-sama menikmati lakon” Semar mBagun jiwo “, yang menggambarkan masyarakat Sitiarjo sedang menata SDM dalam menghadapi perkembangan jaman saat ini. Maju mundurnya desa tergantung kepada masyarakat dan pemdes nya, dimana bila tidak ada sinkronisasi diantara keduanya sangat dipastikan desa tersebut  tidak akan bisa menemukan desa mandiri, mandiri dalam segala aspek kehidupan.

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Jurnalis

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Kades Karang Jaya Serahkan Sertifikat Program PTSL Kepada Warga Secara Gratis

16 Mei 2024 - 09:06 WIB

Pengurusan Adminduk cukup liwat loket desa semua bisa beres kecuali rekam KTP dan cetak KIA

27 Maret 2024 - 22:18 WIB

Antrian warga yang rekam ikd

BUM DESA BERSAMA LKD KABUATEN LAMPUNG TIMUR, WUJUDKAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI STANDAR

24 Februari 2024 - 16:56 WIB

PONDOK PESANTREN HASYIM ASY’ARI JEPARA JADI LOKUS PELATIHAN MUJAHID PEMBANGUNAN DESA

28 Januari 2024 - 12:45 WIB

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Banyuasin Panen Cabe dan Tanam Bawang di Desa Tirto Sari

18 Januari 2024 - 07:31 WIB

Seminar Program KKNT Desa Wisata Unhas, Dispar Berharap Bersinergi Dengan Baik

4 Januari 2024 - 22:53 WIB

Trending di DESA