Desa Merdeka – Ambon : Pasangan Walikota Paulus Kastanya (Poly) dan Wakil Walikota Sam Latuconsina (Sam) dengan akronim PANTAS mendapat sambutan para warga dengan tarian adat tapi juga menyampaikan kesukaan sorak sorai yang sangat antusias. Mereka  yakin bahwa kemenangan ada pada Pantas. Alasan warga bahwa dengan visi-misi yang disampaikan pasangan Pantas dalam kampanyenya Jumaat  3/2/2017 di Lokasi Molen Karang Panjang Kelurahan Waihoka  Ambon itu sangat berpihak kepada rakyat.

Kampanye yang dilakukan oleh Pantas adalah permintaan langsung warga Molen kepada  Poly Kastanya dan Sam Latuconsina (PANTAS), agar mereka semakin mengerti visi-misi kandidat. Menurut warga  visi dan misi disampaikan kandidat sangat berbeda dengan pasangan lain . Pantas memiliki program kerakyatan yang menyentuh kebutuhan perkembangan jaman agar masyarakat menjadi cerdas apabila informasi dan teknologi  dikuasai masyarakat.

Hal itu terlihat saat dua  kandidat  calon pemimpin Kota Ambon menyampaikan program –program kerakyatan. Warga Molen memberikan apresiasi. Ketika Kontributor Desa Merdeka tanyakan beberapa warga yang duduk dalam acara kampanye tersebut, dikatakan bahwa mereka menyadari bahwa keduanya mengerti kebutuhan masyarakat karena keduanya  berasal dari Birokrat Murni maka sudah pasti system Manajemen dan tata kelola Pemerintahan akan dibenahi dengan baik.

Hal itu dijelaskan warga ketika Poly maupun Sam dapat mendengar berbagai keluhan masyarakat Molen yang selama ini membutuhkan uluran tangan para Pemerintah Kota untuk membangun wilayah mereka. Mereka sangat percaya Pantas yang akan memenangkan pertarungan di Pilkada Kota Ambon tanggal 15/2/2017 . Apalagi kedua Pasangan didukung oleh 9 Fraksi dengan 25 Anggota DPRD Kota  untuk mengeksekusi program bagi kepentingan rakyat di kota Ambon.

Hadir dalam kampanye Ketua DPRD Kota dari Fraksi PDIP  ,Wakil Ketua dari Fraksi Gerindera ,dan sejumlah anggota DPRD Kota Maupun Provinsi yang siap mendukung Pantas.

Wakil Ketua DPRD Kota dari Fraksi Gerindera dalam orasinya mengatakan 25 Anggota Dewan yang tergabung dalam 9 fraksi telah memberikan kendaraan Politik untuk mendukung Pantas serta berkomitmen untuk menopang berbagai program dari kedua Pasangan calon(Pantas)yang telah merancang program secara baik membangun kota Ambon . Keberpihakan kepada rakyat sangat diutamakan.

Turut menyampaikan orasi Sekretaris PDIP DPD MALUKU DRS.Lucky Wattimury.M.Si dengan Pesan Politik : Rakyat tusuk nomor 2 (dua) karena Pantas layak jadi Pemimpin kota dengan sejumlah pengalaman di Birokrasi Pemerintahan. Bukan saja pengalaman  dibirokrat, tetapi 9 (Sembilan) partai  dengan 25 anggota dewan kota siap mengawal Pantas. PANTAS TELAH JALANI SELEKSI KETAT DAN LOLOS DI 9 Partai pendukung.

Pantauan langsung  Kontributor Desa Merdeka di sela sela kampanyenya Sekretaris DPD PDIP Maluku Mengatakan bahwa Calon Poly  dan Sam adalah Pasangan calon yang bagi PDIP perjuangan sangat ideal bagi kota Ambon,  karena pengalaman Pa Poly  segudang sebagai Birokrasi  dengan karier yang berjenjang baik ditingkat Provinsi yang selama bertahun tahun mengelola keuangan Provinsi,maupun sebagai kepala Dinas.

Sedangkan  Pa Sam adalah juga Wakil Walikota yang  berasal dari Birokrat baik di kabupaten maupun dikota Ambon, tetapi juga  sebagai kepala tata Kota Ambon, yang sekarang juga  sebagai inncumbent yang telah merancang berbagai program untuk pembangunan kota Ambon, bersama Pa Walikota Richard Louhenapessy yang  juga incumbent  Walikota Ambon. Kedua nya juga incumbent,dan sekarang keduanya  incumnet,   dengan pasangan masing-masing.

Selanjutnya menurut Drs.Lucky Wattimury, M.Si yang juga dosen UKIM dengan sapaan  Bung Lucky. Mesin Politik bersama 9 Partai  pengusung Pantas, PDIP Provinsi Maluku sebagai partai pemenang pemilu di Maluku tidak segampang mengusung calon,karena harus melalui survey maupun seleksi ketat. Dengan demikian pilihan PDIP pilihan   jatuh kepada Poly dan Sam

Dihadapan Poly ,maupun Sam , Wakil Ketua DPRD Kota, serta Sekretaris DPD PDIP Maluku yang adalah anggota DPRD Provinsi Maluku Warga Molen berjanji akan memenangkan Pantas 100 persen dengan tidak akan menghianati Pantas dengan nomor urut 2. (4/2/2017/*Chris).