Desa Merdeka – Garut : Sepanjang kurang lebih  50 meter jalan raya Bayongbong terendam banjir, tepatnya di kampung Nangoh, Kecamatan Bayangbong, Garut. Banjir dengan ketinggian sekitar 80 cm menyebabkan laju lalulintas terputus. Jumat, (09/03).

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, hujan lebat yang mengakibatkan kali Cirendeng meluap kejalan raya, sekitar sengah jam kemudian air semakin naik keatas diperkirakan mencapai 80 cm menutupi jalan raya, sehingga kendaraan tidak bisa lewat.

Seorang warga setempat, Iyus (40) mengatakan, akibat hujan yang sangat desar siang tadi mengakibatkan air kali naik dan menggenangi ruas jalan.

“hujan deras siang tadi cukup lama mas, air cepat sekali naik menggenangi jalan raya,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat kejadian nampka Muspika kecamatan Bayongbong bahu membahu mengatur laju kendaraan supaya tidak terjadi kemacetan yang panjang.

Dikatakan camat Bayongbong, Santari S.SOS.MSi, begitu mendapat kabar terjadi banjir di daerah Nangoh, dirinya langsung turun kelokasi beserta beberapa staf kecamatan dan berkordinasi dengan Koramil serta Polsek Bayongbong.

“Alhamdulillah sekarang air mulai surut dan kendaraan bisa berjalan walau di perlakukan buka tutup”, terang camat saat ditempat kejadian kepada Infodesaku.

“Sebelum air surut dan jalur lalulintas lancar, pihak Muspika akan siaga terus dilokasi sampai keadaan bisa terkendalikan, untuk korban jiwa sementara belum menerima laporan tapi kalau kolam dan sawah yang jebol ada yang di perkirakan puluhan hektar dan itu juga baru perkiraan karena belum di data secara detail.” pungkasnya menambahkan.

Sampai berita ini diturunkan, kondisi air mulai surut dan hujan mulai reda.

Sumber : Infodesaku