Desa Merdeka – Malang : merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang sangat banyak sekali tujuan wisata alamnya. Mulai dari gunung, pantai, air terjun (coban), perkebunan buah dan sayuran (agrowisata) hingga sumber mata air pun menjadi objek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Satu dari sekian banyaknya objek wisata alam di Malang, khususnya di wilayah Kabupaten Malang, adalah Sumber Sirah. Sesuai dengan namanya, Sumber Sirah merupakan salah satu sumber mata air alami yang indah dan menawan yang terletak di Kecamatan Gondanglegi – Kabupaten Malang.

Sumber Sirah saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Malang oleh karena keindahan sumber mata airnya, terutama pada bagian dasarnya yang banyak ditumbuhi tanaman hijau mirip ganggang yang sangat keren jika kita menjadikannya spot foto bawah air (underwater photography). Namun bukan hanya itu saja yang menarik dari Sumber Sirah, masih ada lagi hal menarik lainnya, oleh karena itu nnoart.com berusaha untuk mengulas mengenai Sumber Sirah Malang secara lengkap dan tuntas berikut ini.

Sekilas tentang Sumber Sirah

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, Sumber Sirah merupakan salah satu tempat wisata di Malang berupa sebuah sumber mata air, sesuai dengan namanya sumber (bahasa jawa) yang artinya mata air. Mata air ini membentuk sebuah kolam/telaga yang telah dibatasi dengan beton, dasarnya banyak terdapat tanaman hijau yang mirip ganggang laut. Tanaman tersebut merupakan rumput air tawar (sejenis hydrilla). Selain itu terdapat pula populasi ikan kecil, batu-batuan berukuran kecil serta pasir hitam di dasarnya. Kedalaman dari kolam mata air ini adalah dari 0,8 meter hingga 1,5 meter, cukup dangkal bukan? Karena cukup dangkal itulah maka tidak disarankan bagi pengunjung untuk lompat-lompatan dari atas.

Kolam mata air alami itu dialirkan ke sawah-sawah penduduk yang ada sepanjang aliran sungai yang terbentuk itu. Aliran air tersebutlah yang oleh pengelola setempat dimanfaatkan untuk dijadikan lintasan river tubing, aktivitas mengapung diatas ban dalam dan bergerak mengikuti arus sungai hingga pada titik tertentu, yang oleh pengelola setempat diberikan sebuah bambu besar sebagai pembatasnya.

Jika di bagian barat Malang (Kec. Dau) ada Bedengan yang disekitarnya ada pemandangan agrowisata kebun jeruk Selorejo, hutan-hutan serta sungai, maka di sebelah selatan Malang, tepatnya disekiter Sumber Sirah ini akan banyak ditemukan sawah, perkebunan tebu serta kelapa yang menjadi ciri khas wilayah Kecamatan Gondanglegi dan sekitarnya. Jadi disamping ada sumber mata air alami itu, ada juga pemandangan indah disekitarnya yang tidak boleh dilewatkan.

Lokasi Sumber Sirah Malang

Sumber Sirah terletak di Desa Sumberjaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km dari pusat kota Malang yang dapat dicapai dengan 20 – 30 menit berkendara. Meskipun terletak di Desa Sumberjaya, terkadang ada juga yang menyebutnya terletak di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, oleh karena akses jalan masuk satu-satunya menuju Sumber Sirah ini adalah dari desa Putukrejo. Belum ada akses jalan dari Desa Sumberjaya menuju Sumber Sirah ini, kecuali berjalan kaki menyusuri sawah-sawah dan sungai kecil. Pengelola objek wisata Sumber Sirah ini adalah Desa Putukrejo. Peta lokasi Sumber Sirah Malang dapat dilihat pada google map di atas.

Jalan Menuju Sumber Sirah Malang

Rute I: Kota Malang – Bululawang – Sumber Sirah
Jalan menuju Sumber Sirah dengan rute termudah dari kota Malang adalah dengan melakukan perjalanan ke arah kecamatan Bululawang (arah selatan), bisa dengan melalui jalur depan Pasar Gadang – Bululawang atau melalui jalur depan Gor Ken Arok – Bululawang. Setibanya di Bululawang, lanjutkan perjalanan hingga sampai di pertigaan Pabrik Krebet Senggrong Bululawang. Dari pertigaan ini terus lurus dan menempuh kurang lebih 4 km hingga mencapai pabrik PT. Du Pont Pioneer yang terletak di kiri jalan (sisi timur). Setelah pabrik itu, akan ada 2 pertigaan lurus dan belok kanan. Tetap lurus di pertigaan pertama dan belok kanan di pertigaan kedua (jalan Sunan Ampel), yang ada papan penunjuk jalan menuju Sumber Sirah di sebelah kiri jalan.

Setelah belok kanan dan masuk ke jalan Sunan Ampel, mulai dari sini selalu berkendara lurus hingga menempuh jarak kurang lebih 2 km dan tiba di parkiran Sumber Sirah. Oh iya, bagian jalan terakhir sebelum Sumber Sirah itu kondisinya cukup parah dan akan membuat pengunjung tidak nyaman saat berkendara diatasnya, tapi masih tetap bisa dilewati. Terakhir kali kesana (April 2016), sudah cukup banyak mobil yang bisa masuk sampai dalam, walaupun untuk parkir agak jauh dari Sumber Sirah dibandingkan parkiran motor.

Rute II: Kepanjen – Sumber Sirah
Rute kedua yaitu dari Kepanjen, bisa dengan mengikuti jalan Raya Penarukan – jalan Diponegoro -jalan Raya Sukoraharjo terus ke utara (ke arah Kendalpayak, Pakisaji), sebelum Indomaret dan SMP N 3 Kepanjen (kanan jalan) ada persimpangan dan petunjuk jalan menuju Pabrik Krebet Bululawang ke arah timur (belok kanan). Setelah itu menempuh perjalanan lurus ke arah timur, melewati jembatan sungai Brantas, melewati hamparan sawah yang luas di kiri kanan jalan, hingga tiba di Desa Sumberjaya dimana kiri dan kanan jalan penuh dengan rumah warga. Setelah itu terus hingga tiba di perbatasan Desa Sumberjaya dan Desa Putukrejo di jalan Sunan Kalijogo. Tidak jauh dari perbatasan desa ada papan petunjuk ke arah Sumber Sirah, yang mengarahkan ke kanan jalan (selatan). Jarak antara pertigaan (Indomaret/SMP 3 Kepanjen) tadi hingga persimpangan belok kanan ke arah Sumber Sirah tersebut kurang lebih 3 Km. Lebih jelasnya bisa dilihat dari Google Map diatas (pada pembahasan mengenai lokasi)

Rute III: Pasar Gondanglegi – Sumber Sirah
Rute ketiga bisa berpatokan dengan pertigaan Pasar Gondanglegi (misalnya dari Turen ke arah Barat). Di pertigaan Pasar Gondanglegi ini, belok ke arah utara (dari Turen belok kanan) yang menuju ke arah Bululawang. Kurang lebih 5,75 Km dari pertigaan itu atau 500 meter sebelum pabrik PT. Du Pont Pioneer, belok kiri masuk ke jalan Sunan Ampel dan meneruskan perjalanan lurus terus hingga tiba di Sumber Sirah (penjelasan di rute I).

Rute-rute lainnya bisa berpatokan dengan lokasi-lokasi yang telah disebutkan diatas (Pabrik Krebet Senggrong Bululawang, Pabrik PT. Du Pont Pioneer, Pasar Gondanglegi, SMP N 3 Kepanjen dsb). Semua rute itu juga bisa dilihat lebih jelas dengan peta Google Map seperti yang telah disediakan pada bagian lokasi Sumber Sirah yah, jika masih bingung bisa ditanyakan pada kotak komentar di bawah tulisan ini. Pastikan anda telah tiba di Sumber Sirah dengan melihat petugas parkir atau petugas jaga, jangan lupa bayar karcis masuk untuk masuk ke Sumber Sirah.

Sumber : Nno.Art