Desa Merdeka – Garut :  Di beberapa tempat di Indonesia, manusia albino banyak ditemukan. Termasuk di Kabupaten Garut, ada perkampungan warga yang dihuni oleh sejumlah manusia albino.

Perkampungan warga tersebut terletak di Desa Pamalayan, Bayongbong, Garut. Namanya Kampung Ciburuy. Manusia albino yang tinggal di daerah tersebut merupakan penduduk asli kampung.

“Ada orang-orang yang albino di Ciburuy. Memang sejak lahir sudah albino. kulitnya putih,” kata Ujang Suryana (35) juru pelihara Situs Ciburuy kepada detikcom di Lapangan Ciateul, Tarogong Kidul, Senin (5/3/18).

Manusia albino dari Ciburuy memiliki perbedaan menonjol dari warga Ciburuy yang lain. Mereka berkulit putih pucat, berambut pirang dan wajahnya putih kemerah-merahan.

Ujang menjelaskan, manusia albino yang saat ini tinggal di kampungnya merupakan keturunan dari sunda-walanda (Sunda-Belanda) yang dulu hidup di Ciburuy.

“Jadi menurut sejarah, dulu ada warga Ciburuy yang berkulit putih, rambutnya pirang. Mirip bule. Disebutnya sunda-walanda. Dan itu sampai sekarang masih ada keturunannya,” katanya.

Tidak semua warga Garut tahu akan keberadaan manusia albino di kawasan Ciburuy. Kebanyakan warga Garut hanya mengenal Ciburut sebagai salah satu tempat bersejarah yang masih menyimpan benda dan naskah-naskah kuno.

Sumber : SindoNews