Desa Merdeka – Ambon.
Said Assagaf resmi hari ini jumaat 27/10/2017 berpasangan dengan Andre Retanubun sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam pesta demokrasi pilkada Gubernur Maluku bulan juni tahun 2018.

Pasangan yang selama ini mengalami proses penjaringan bersama dengan pasangan lainnya secara sah dan resmi berada dalam satu paket rekomendasi Golkar Nomor : R 480 /Golkar/X/2017 tanggal 18 Oktober 2017 dengan perihal : Pengesahan Pasangan calon Kepala Daerah Provinsi Maluku.

Menurut sumber dalam tepercaya yang diminta tidak mau menyebut namanya , rekomendasi Golkar bagi kedua pasangan tidak diserahkan oleh ketum Golkar serta sekum dikantornya jalan Slipi Jakarta Barat hari ini jumaat 27 Oktober 2017 jam 15.00 Wib tetapi diserahkan oleh Korwil Golkar DPP untuk Maluku , Maluku Utara , Papua -Papua Barat Drs Azis Samual tetapi juga tidak dihadiri ketua dan Sekjen DPP partai Golkar.

Penyerahan Rekomendasi dalam satu paket pasangan Cagub – Cawagub Said Assagaf – Andre Retanubun ditegaskan dalam menetapkan dan mengesahkan Sdr Ir Said Assagaf sebagai calon kepala daerah berpasangan dengan Sdr.Ir Anderias Rentanubun sebagai calon wakil kepala Daerah provinsi Maluku yang diusung partai Golkar dalam Pilkada serentak putaran ke 3 tahun 2018.

Selanjutnya dalam rekomendasi tersebut sangat mengikat kedua pasangan dan partai pengusung .
Rekomendasi itu juga disertai 4 instruksi yang mengikat diantaranya butir ke 3 berbunyi ; diinstruksikan kepada saudara Ketua DPD partai Golkar provinsi Maluku untuk ; “Keputusan ini bersifat final dan mengikat bagi seluruh jajaran pengurus fungsionaris/kader dan anggota partai golkar”.

Kontributor desa merdeka mengkonfirmasi kebenaran rekomendasi kepada Sekretaris DPD Golkar Prov.Maluku R.Tahapary SH melalui ponselnya 27/10/2017 jam 18.00 Wit menanyakan apakah rekomendasi itu sudah final ?
Di jelaskan oleh Sekretaris DPD Golkar Maluku sapaan Pa Rul , bahwa betul Rekomendasi Golkar sudah diserahkan oleh Azis Samual sebagai ketua pemenangan pemilu DPP Golkar Papua, Papua Barat , Maluku dan Maluku Utara kepada Pa Said Assagaf dan Pa Andre Retanubun dan penetapannya bersifat final.
Ketika kontributor desa merdeka mendesak tentang partai apa lagi yang didapat mencukupi kuota sesuai persyaratan KPU Provinsi, beliau enggan menjelaskannya dan dikatakan ada waktu untuk dipublish.. ujarnya.

Dengan Rekomemdasi ini telah pupus sudalah harapan dan impian dari kader-kader beberapa partai lainya yang selama ini mengincar kursi wakil mendampingi Ir.Said Assagaf sebagai petahana menggantikan wakil Gubernur sekarang DR.Zeth Sahuburua yang juga kader senior Golkar yang sudah malang melintang didunia politik.