Desa Merdeka – Ambon : Kasus PD.Pancakarya yang sudah dilaporkan Drs Rury Munandar di Reskrim Polda Maluku sesuai bukti polisi : B/141/1/lll/2018/Dit Reskrimsus tgl 1 Maret 2018 dengan sejumlah data akan dilengkapi dengan rekaman video hasil rapat Direktur utama AP dengan staf dan para komprodor .

Untuk itu kontributor desa merdeka ( DM) Ambon Maluku hari ini rabu 11/4/2018 mewawancarai Ketua Bidang Pengawas PD.Panca Karya Provinsi Maluku Drs Rury Munandar( RM ) yang diturunkan sebagai berikut :

DM : Sudah sejauh mana anda berjuang untuk pembaruan staf Manajemen PD Pancakarya sebagai BUMD Prov.Maluku ?

RM : Secara prinsip apa yang saya perjuangkan adalah punya semua di PD. Pancakarya.Kalau saya yang bicara itu adalah mewakili dan bagian dari teman-teman yang tidak berdaya yang terjepit karena mereka mereka merasa tidak berdaya bila berhadapan dengan pimpinan.Semua juga tau bahwa mereka sudah berumah tangga dan bila mereka bersuara bisa dipecat atau dicopot dari jabatan.saya berjuang karena kebenaran pasti akan terungkap.

DM : Benarkah anda telah laporkan kasus-kasus penyimpangan yang dilakukan Direktur utama AP dibReskrim Polda Maluku ?

RM : Ya saya telah laporkan seluruh kejahatan itu di Reskrim Polda Maluku dan mereka sangat korperatif dengan tahapan-tahapan meminta info, masukan- masukan dan mereka pelajari semua dokumen -dokumen sebagai data. Saya percaya bahwa apa yang dilakukan Reskrim Polda Maluku sangat profesional.

DM : Apa anda yakin dalam kasus PD Pancakarya ada unsur Pidananya ?

RM : Saya sangat-sangat yakin karena saya berbicara ada data dan fakta .

DM :Apakah anda sebagai ketua bidang pengawas PD Pancakarya tau selain Direktur AP ada yang lebih tinggi juga terlibat kasus ini ?

RM : Ini sebuah kejahatan dan biasa kejahatan itu dilakukan secara kerja sama, tidak mungkin direktur AP kerja sendiri.Apa yang saya perjuangkan ini bukan untuk kepentingan diri saya sendiri.

DM : Kenapa anda kelihatan ngotot sekali dengan perjuangan ini ?

RM : Saya sudah katakan tadi perjuangan ini bukan untuk pribadi saya tapi karena saya melihat kejahatan diperusahan milik daerah ini merugikan negara dan merugikan Pemerintah Daerah Maluku dan merugikan PD Pancakarya sebagai perusahan daerah yang memberikan kehidupan bagi ratusan karyawan dengan suami/istri anak-anak lebih kurang 1000 orang mendapat kehidupan dari perusahan.

DM : Apakah anda percaya kasus PD Pancakarya ini dapat dituntaskan Reskrim Polda Maluku ?

RM : Saya percaya mereka akan tuntaskan kasus ini dengan semua data-data yang saya akan lengkapi lagi seperti data rekaman pertemuan di Hotel .Dan Reskrim Polda Maluku akan menemukan tersangkanya.

DM : Tadi anda katakan ada pertemuan di hotel siapa saja yang hadir dan apa saja yang dipercakapkan ?

RM : Yang hadir dalam pertemuan itu ,ada suvervisior(komprodor kapal) staf keuangan,manajer Pelayaran dan Direktur AP. Yang saya tangkap dan lihat dari info rekaman video itu bahwa rapat itu untuk mengatur cara menilep/tilep uang perusahan PD Panca karya.
Ini kalau diperiksa secara konsisten akan terbongkar semua. Karena yang terjadi itu semuanya fakta.ini saya bicara dengan fakta.

DM : Anda pernah melaporkan penyimpangan ini ke Pemda Maluku ?

RM : Saya sejak tahun 2015 sudah laporkan ini ke Pemda Maluku tapi tidak pernah ditanggapi sampai hari ini malahan saya diminta pejabat tertentu Pemda Maluku untuk cabut perkara dan tidak boleh bicara di media ( nama pejabatnya off the record). kasus PD Panca Karya sudah dilaporkan juga ke ke Komisi C DPRD Prov.Maluku tidak pernah mendapat tanggapan sampai hari ini.

DM : Sebetulnya menurut anda ada apa dibalik sikap Pemda seperti itu maupun DPRD Prov.Maluku khusus Komisi C ?

RM : Saya tidak mengerti juga dan alahu alam.dikomisi C ketuanya Anos Jermias yang baru saja antar waktu 2 bulan lalu langsung diangkat sebagai ketua komisi C, ada anggota Max Pentury, ada Pa Lucky Wattimury dan lainnya.
Tapi korupsi ini diduga sudah berjalan lama sejak tahun 2015 .

DM : Kalau sudah lama, apa indikasi awal ?

RM : Indikasinya , sesuai peraturan pemerintah,Dewan Pengawas telah berulang kali meminta laporan kerja triwulan/semester/tahunan juga tidak pernah digubris.
PD.Pancakarya sudah colaps . Penyebabnya hutang cukup banyak, gaji ABK yang biasanya dibayar setiap tanggal 28 bulan berjalan tetapi sekarang diatas tanggal 5 , dan sampai hari ini uang makan belum dibayar, hak-hak karyawan sebagian belum dibayar sampai hari ini.Dari situ kantor
PD.Panca Karya dalam keadaan kritis.
Yang paling lucu persoalan kapal-kapal mendapat subsidi Pemerintah , tapi sementara ada hutang hampir kurang lebih 1,2 milyar di dok Wayame, Padahal sudah dibayar pemerintah pusat.

DM : Apakah kasus korupsi PD Panca Karya yang dipublikasi selama ini ada sikap direktur untuk melapor atau mensomasi anda ?

RM : Saya bicara dengan data dan fakta.kalau tidak benar mereka sudah somasi atau laporkan saya.Malahan saya diminta seperti yang sudah dijelaskan agar kasus yang saya laporkan di Reskrim Polda Maluku dicabut.Tapi atas percakapan dengan orang tua penasihat hukum saya dilarang mencabutnya karena masyarakat akan menilai saya terlibat menerima sesuatu.jadi saya harus berjuang terus.

DM : trima kasih Pa Rury atas wawancara ini agar diketahui luas masyarakat dan pihak penegak hukum di Indonesia !