Desa Merdeka – Kudus : Bus Pariwisata Tiara Mas yang membawa rombongan perangkat desa se-Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur mengalami kecelakaan lalu lintas di jalan lingkar selatan Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (8/5) dinihari pukul 02.30 WIB. Dalam insiden tersebut, enam orang dinyatakan tewas dan belasan lainya mengalami luka cukup serius.

Kanit Laka Lantas Polres Kudus Iptu Wartomo mengatakan, kecelakaan tunggal ini terjadi saat bus bernomor polisi EA 7388 A yang melaju dari Semarang ke Surabaya tersebut berusaha mendahului truk di tikungan. Namun nahas bus malah melaju tidak terkendali dan menabrak pembatas jalan.

“Karena melaju dengan kecepatan tinggi, bus tidak bisa dikendalikan lalu menghantam median jalan dan terguling,” katanya seperti dikutip Radio Suara Surabaya, Minggu pagi.

“Sopir mengalami patah tulang di kaki. Semua korban luka dirawat di RS Mardi Rahayu, Kudus. Bus sudah dievakuasi dengan derek, lalu lintas sudah lancar,” imbuhnya.

Informasi kecelakaan rombongan perangkat desa Kecamatan Sukodono Sidoarjo dalam perjalanan dari Bandung ini awalnya tersiar melalui melalui FB e100.

Ririn Rahmawati netter menulis, “Itu teman2 saya…rombongannya perangkat desa se dari kecamatan sukodono perjalanan pulang hbs acara gathering d Bandung.”

Salah satu korban meninggal diduga adalah Sekretaris Desa Plumbungan Sukodono.

Syahiduz Zaman, netter yang mengaku sebagai adik ipar korban menulis, “Kakak ipar saya meninggal dunia dalam kecelakaan ini. Mohon maaf dan doanya, semoga dapat menjadi hikmah bagi kita semua.”

Perangkat Desa Pekarungan Sukodono Sidoarjo, Askur (53 tahun) menuturkan, saat kejadian para penumpang sedang tidur lelap lantaran kejadian berlangsung pada dinihari sekitar pukul 02.30 WIB.

”Rombongan ini ada sekitar 80 orang yang terdiri dari dua bus Tiara Mas. Namun bus bernopol EA 7388 A ini yang mengalami kecelakaan,” katanya.

Dia menambahkan, rombongan dalam perjalanan pulang sesuai piknik dari Bandung. Menurutnya, peserta liburan adalah warga Pekarungan Sukodono dan sekitarnya. Selain perangkat desa, katanya, juga ada peserta dari warga umum. ”Saat kejadian saya kurang tau persis, saya juga ada di bus yang kecelakaan namun posisi duduk saya ada di belakang dekat pintu,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Sisoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, menyampaikan belasungkawa atas kejadian yang menimpa para perangkat desa tersebut.

“Kami atas nama Pemkab Sidoarjo ikut berduka cita atas kejadian kecelakaan di Kota Kudus yangg menimpa saudara-saudara perangkat Desa Se Kecamatan Sukodono. Smoga korban yg meninggal dunia segala amal ibadahnya diterima disisi Alloh SWT, dan korban yg mengalami luka2 smoga lekas diberikan kesembuhan….Amin,” tulisnya di akun BF miliknya,” Minggu sore.

Enam Korban Tewas Bus Tiara Mas

1. Uli (10) Warga Desa Pekarungan, Sukodono, Sidoarjo

2. M Syuaib (57) Warga Plumbungan, Sukodono, Sidoarjo

3. Febri Reza Khanafillah (7) Warga Desa Suruh, Sukodono, Sidoarjo

4. Amirul Mahbubi (42) Warga Desa Suruh, Sukodono, Sidoarjo

5. Susrini (50) Warga Desa Anggaswangi, Sukodono, Sidoarjo

6. Suwandi (49) Warag Desa Anggaswangi, Sukodono, Sidoarjo. |cat/len/kds/lan|