Desa Merdeka – Rote Ndao : Dengan mengambil tempat di aula serba guna Graha Narwastu jln Raya BA’A Busalangga Desa Sanggaoen Kabupaten Rote Ndao Provinsi Nusa Tenggara Timur Rapat Kerja Nasional Barisan Relawan Jokowi Presiden Jalan Pembaharuan dilakukan.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung dari tanggal 8 sampai 10 Januari 2018 ‘namun dipercepat lebih awal dibuka hari minggu 7-8 Januari 2018 . Rakornas dengan Tema : “Berjaya Berkat Indonesia Sentris”.
Ketua Umum DPP.BaraJP Sahol Manullang dalam Pidato pembukaannya menjelaskan Kegiatan Rakornas yang berlangsung di Ujung paling selatan Indonesia itu dengan maksud BaraJP ingin menjelaskan kepada Bangsa Indonesia bahwa Presiden Jokowi adalah presiden yang berjuang membangun seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke di utara pulau Miangas sampai Rote Ndao di Selatan.

Menurut Sihol istilah Indonesia Centris adalah breakdown dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam arti Jokowi sudah membangun infra struktur diberbagai daerah diseluruh tanah air agar pembangunan bukan saja berpusat di jakarta saja atau di Jawa ataupun Sumatera tapi diseluruh Indonesia .Sudah beberapa kali Presiden Jokowi sudah kunjungi papua, NTB ,Maluku walaupun penduduknya sedikit kalau digabungkan menjadi satu bila dibandingkan dengan sumatera utara masih berbeda jauh. Untuk itu Presiden Jokowi ,Dia ada untuk kita Indonesia membangun Seluruh NKRI.

Rakornas akan dihadiri oleh presiden Jokowi yang akan memberikan pengarahan kepada peserta dan sekaligus menutup Rakornas BARAJP hari ini 8/1/2018 di gedung Auditorium Tilangga kompleks kantor bupati Rotendao. Pantauan kontributor desa merdeka yang berada di Rote yang mendapat informasi dari Sekjen BaraJP Utje Patty , Presiden Jokowi hadir dalam rakornas BARAJP hari ini setelah meresmikan waduk Raknamo di Kupang Timur kabupaten Kupang prov.NTT . Waduk terbesar yang anggarannya 700 milyar lebih sesuai janjinya kepada rakyat NTT setahun lalu kepada masyarakat,dan akan bermalam di Rote Ndau  kota BA’A.