Ambon-Desamerdeka . Pilkada tanggal 9 Desember 2015 di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku yang berbatasan dengan Negara Timor Leste itu diduga dan diprediksikan akan penuh dengan kecurangan yang dilakukan oleh Incumben BO.Hal itu terlihat sebelumnya dengan berbagai strategi yang dilakukan untuk memenangkan pasangannya. Secara Khusus di Kabupaten Maluku Barat Daya(MBD) yang Bupatinya incumbent BO jelas sekali pola mainnya dengan melakukan penguatan di basis structural Pemerintahan kabupaten diantaranya menempatkan bebrapa Kepala Kecamatan sebelum penetapan KPUD MBD . Menurut sumber-sumber terpercaya didalam Struktur Pemerintahan, sebelum KPUD melakukan penetapan Bakal Calon menjadi Calon-Calon Bupati MBD periode 2015-2020, tanggal 24 Agustus 2015, Bupati MBD,BO pada Jumaat 21 Agustus melantik 8(delapan )pimpinan kecamatan yang berlatar belakang “Guru SD” yang semuanya memiliki kwalifikasi dan disiplin Guru, guru Agama. Guru-Guru tersebut antara lain : Kepala Kecamatan Damer : Guru Selwetar,Kecamatan Moa :Guru Agama SD Daniel Soknosili.Sekcam Roman : Guru Max Propley.
Bukan itu saja, tetapi Sdr Gerson Palyaki yang adalah seorang perawat (mantri) Puskesmas diangkat dan dilantik menjadi kepala bidang Dispenda MBD ,hal yang sama juga sebelumnya dilakukan kepada Kepala Dinas Kesehatan adalah seorang sarjana Sospol, bukan seorang Dokter. Kita mau mencapai target seperti apa dengan pola pemerintahan seperti itu.
Menurut sumber yang tidak mau sebut namanya , Bupati MBD,BO mengatakan dalam menjalankan roda pemerintahan tidak butuh orang pintar yang punya kwalifikasi sesuai bidang kerjanya,tapi Bupati butuh orang loyal , serta yang bisa diatur oleh Bupati BO. Tuntutan Manajerial nya itu sangat nampak sekarang dimana Para camat dijadikan tim sukses walaupun itu bertentangan dengan UU Kepegawaian dan patut diduga para pimpinan kecamatan sudah mempergunakan dana bantuan routin tiap kecamatan pertahun Rp.400.000(emapat ratus juta rupiah ) untuk kepentingan pemenang pemilu incumbent BO,dengan cara dana tersebut dibagi bagi kemasyrakat. Menurut sumber tadi ,demi menyelamatkan kabupaten MBD yang jauh dari Pemerintah Pusat , perlu segera KPK atau BPK turun langsung meng audit proyek-proyek APBD ,maupun proyek –proyek APBD yang dananya akan dicairkan dalam waktu singkat. Dijelaskan bahwa Dana-dana tersebut akan dimanfaatkan semua SKPD dan anggota DPRD yang berpihak kepada BO. Dan dengan demikian Kabupaten MBD dalam kondisi dilematis. Untuk itu diminta agar kalau masyarakat MBD cinta akan Kabupaten agar dapat membangun MBD kedepan, maka masyarakat harus bangkit menolak Incumben BO,dalam pemilihan Pilkada tanggal 9 Desember2015. Menurutnya ,masih banyak hal-hal misterius yang akan muncul dalam beberapa waktu ini, karena sebelum Keputusan KPUD MBD MENETAPKAN PASANGAN Calon Bupati 2015-2020 saja KPUD tidak melakukan Rapat Pleno dikantor KPUD tetapi dilakukan ditempat tersembunyi dan tertutup, dimana Anggota masyarakat maupun tim sukses tiap Kandiddat mengetahui keputusan lolosnya ketiga kandidat Calon Bupati MBD dari TVRI Ambon sebelum KPUD MBD mengumumkan calon-calon dimaksud. Melalui Telephon Selulernya Kontributor Desa Merdeka menerima info yang disampai kan oleh salah satu Tim Sukses kandidat Calon Bupati, yang menyatakan bahwa diduga ada penambahan 10 ribu pemilih misterius dalam daftar pemilih yang akan diperebutkan oleh ketiga Pasangan calon Bupati yaitu :
Pasangan nomor Urut 3 : Niko Kilikili –J.Frans.
Pasangan nomor urut 2 : Mos Mahuri-Kim Markus.
Pasangan Nomor Urut 1 : Barnabas Orno- oyang.
Secara terpisah Dalam wawancara dengan Kandidat Niko Kili Kili Nomor Urut 3, Mengatakan bahwa Walapun kecurangan apapun yang dilakukan oleh siapapun ,tapi keyakinannya bahwa , Tuhan Allah tetap akan menunjuk jalan bagi Rakyatnya. Rakyat MBD adalah masyarakat Indonesia yang telah mengerti proses Demokrasi secara Baik. Dan kalau mengacu kepada Demokrasi Pancasila , maka Demokrasi yang akan dilakukan oleh Masyarakat MBD adalah Demokrasi yang harus tunduk kepada Nilai Etika Moral dan kemanusiaan yang beradab bagi keadilan social seluruh rakyat Indonesia. Sebagai anak MBD melalui Visi kedua kandidat : Maluku Barat Daya Maju,Mandiri, Relegius dan Berbudaya ,Dengan Visi tersebut , Rakyat MBD akan mempercayainya untuk memipin MBD 5 Tahun Kedepan maka , seluruh hidupnya akan dikorbankan kepada masyarakat demi masa depan masyarakat disana . Menurutnya ada prioritas yang diperjuangkan :
1. Pembangunan Spiritualitas Umat,maupun para Birokrat Pemerintahan dari pemimpin atas sampai Pegawai bawahan .Harus Takut Tuhan Allah.
2. Penataan Birokrasi sesuai Undang Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).Tata kelola Pemerintahan yang baik sesuai Kwalifikasi pasti MBD akan menghasilkan Pembangunan yang berkesinambungan.
3. Blok Masela yang harus menjadi sumber pendapatan bagi Rakyat Maluku, bukan saja PI 10 % tetapi tenaga kerja di Blok Masela perlu diperjuangkan. Kita harus berkaca dari Freeporth jangan kita dibodohkan oleh Investor lagi.Kabupaten Penghasil harus diperhatikan.
4. Di Bidang Kesehatan akan dibangun kerja sama dengan Negara Tetangga Australia untuk meningkatkan pelayanan Rumah sakit.Dan konsep rumah sakit Internasional telah disiapkan bersama Australia.
5. Penataan Gugus Pulau dengan keunguulannya masing-masing.

Selanjutnya dikatakan Untuk mengembangkan semuanya akan dibangun infra struktur untuk menunjang semua perencanaan internal maupun eksternal.Soal kemenangan yang akan diraih diantara  3 calon Bupati menurut Calon Nomor Urut 3 ini yang sehari hari disapa Pa  Niko, dikatakan bahwa  Pemilih MBD adalah pemilih cerdas . Mereka  akan menentukan  pilihan yang akan jatuh bagi calon  urut Nomor 3 ,yang belum pernah mengkotori pemerintahan di SBB. Karena nomor 3 adalah nomor  kesukaan mereka sebagai masyarakat .   (27/08/2015*Chris)