Desa Merdeka – Cilacap : Hari ini selasa (19/4) masyarakat Cilacap menyelenggarakan pesta demokrasi lokal. Sebanyak 42 desa melangsungkan agenda Pilkades serentak. Suasana meriah terlihat sejak sepekan, khususnya dirumah para kandidat.

Ada beberapa catatan atas pelaksanaan Pilkades serentak 2016. Peningkatan Nilai Strategis Desa Saat ini. Karena desa diproyeksikan menjadi pusat – pusat pertumbuhan ekonomi baru. Desa juga lebih otonom dalam menjalankan roda pembangunan serta mendapatkan banyak suntikan dana besar.

Seperti dikutip Fokuscilacap.com, ada alokasi dana desa, dana hibah, program CSR dll. Terlebih dengan diberlakukannya UU Desa secara bertahap, dimana saat ini desa digelontor dana sekitar 1,4 Milyar dari pusat.

Posisi kepala desa sangat strategis, karena memiliki kewenangan dan otonomi luas untuk mengeksekusi program. Mulai  pembangunan fisik dan lain-lain. Alhasil, jadi kepala desa jauh lebih menjanjikan ketimbang jadi seorang camat. Wajar jika perhelatan pilkades meriah, karena tingginya animo masyarakat untuk ambil bagian sebagai kandidat. Namun gelontoran dana besar bisa menjadi bumerang jika tidak didukung kesiapan SDM.

Masih segar dalam ingatan, dimana sepanjang tahun 2015 perangkat dan aparatur desa kelabakan dengan ketatnya prosedur dan tingginya standar administrasi pencairan ADD. Bahkan banyak yang memprediksi akan banyak lurah-lurah atau kepala desa ditangkap oleh kejaksaan karena korupsi.

Kembali lagi kepada rakyat untuk tidak antipati terhadap desanya. Bahwa pembangunan desa harus melibatkan semua unsur masyarakat hingga tidak ada lagi ketidak transparan terhadap penggunaan anggaran.

Peran itu diambil dan diawali dengan partisipasi aktif rakyat dalam Pilkades dan memastikannya untuk bebas money politik dan intimidasi. |pri/fkc|