Desa Merdeka – Weru : Pemerintah Desa (Pemdes) Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon menggelar sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kemarin malam.

Kuwu Weru Kidul Solikhin mengatakan, keberadaan BUMDes merupakan langkah awal untuk meningkatkan perekonomian desa.

Sosialisasi yang dihadiri Kabid UEK BPMPD Kasina dan staf di kecamatan, menurut Solikhin, ditujukan agar masyarakat mengerti fungsi dan tujuan BUMDes sehingga kepengurusan bisa dibentuk setelah masyarakat memahami keuntungan adanya BUMDes.

Dijelaskan Solikhin, keberadaan BUMDes sangat penting bagi mayarakat setempat. Selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, lanjutnya, kehadiran badan usaha milik desa ini juga untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

Lebih lanjut, dikatakan Solikhin, dengan terbentuknya pengurus BUMDes nantinya diharapkan bisa meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti tujuan BUMDes ini dibentuk.

Selain pembentukan pengurus BUMDes, juga ada pelatihan yang dilakukan untuk melatih atau memberikan pemahaman terhadap pengurus bumdes terkait tujuan dan sistem yang berjalan.

“Setelah kegiatan sosialisasi, pihak desa akan segera membentuk kepengurusan BUMDes. Tahun 2017 kami juga akan membangun sekertariat BUMDes,” katanya.

Disebutkan Solikhin, pihaknya sudah melakukan beberapaa upaya untuk membentuk BUMDes tetapi banyak dari masyarakat tidak mau jika mereka dijadikan pengelola.

Namun, setelah kegiatan sosialisasi yang dilakukan pihak desa, lanjutnya, masyarakat bisa memahami manfaat BUMDes bagi masyarakat itu sendri jika di terapkan di dalam suatu desa.

Untuk tahun 2017 mendatang, pihaknya juga akan sedikit lebih fokus untuk mengembangkan badan usaha desa itu, meskipun akan terus meningkakan pembangunan fisik yang ada di desa, mengingat masih banyak fasilitas umum di desa yang harus segera dibenahi.

Sementara itu, Sekdes Weru Kidul Ibrohim Fatoni menambahkan, Pemdes Weru Kidul terus berupaya melakukan pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat. Mengingat, tugas pemerintah desa adalah melayani kebutuhan masyarakatnya.

Menyinggung soal sosialisasi BUMDes, diakui Ibrohim, kegiatan berjalan lancar. “Banyak masyarakat yang menghadiri kegiatan tersebut, meskipun kami lakukan pada malam hari,” kata Ibrohim. (rakyatcirebon.co.id)

Foto: Pemdes Werukidul sosialisasi Bumdes | Dandy/Rakyat Cirebon