Desa Merdeka – Yogyakarta : Ada suasana yang berbeda di resepsi pernikahan putri Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (30/12/2017). Selain banyaknya pejabat yang hadir termasuk presiden Joko Widodo beserta keluarganya, para menteri juga unjuk gigi memberikan hiburan.

Bukan sekadar menyumbangkan lagu, bahkan para menteri menyiapkan diri tampil bermain musik. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hingga Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, serta Kepala staf Khusus Presiden Teten Masduki sengaja membentuk grup band.

Grup yang diberi nama Elek Yo Band ini pun memukau perhatian hadirin termasuk beberapa menteri lain, seperti Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo, serta Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Setelah tembang pembuka Rumah Kita yang dipopulerkan God Bless, beberapa lagu Slank seperti Ku Tak Bisa dimainkan bersama Mendagri Thahjo Kumolo.

Tak ketinggalan sebuah tembang request (permintaan) dari Presiden Jokowi, Balikin. “Lagu Balikin ini spesial pesanan bapak Jokowi,” ucap Menaker Hanif Dhakiri bersama Teten Masduki dan disambut tepuk tangan para hadirin.

Tidak berhenti sampai di situ, para menteri ini juga sempat mengajak tuan rumah Mensesneg Pratikno untuk gabung. Namun, banyaknya tamu membuat para menteri meneruskan irama musik dengan tembang yang sempat hits dan dicekal di era Orde Baru, Bento.

Lead Vokal sekaligus pemain gitar Hanif Dhakiri benar-benar bersemangat menyanyikan lagu milik grup band Swami tersebut. Bahkan beberapa lirik diganti seperti, Pak Jokowi.. Asyik, Ibu Menkeu.. Asyik, Ibu Retno… Asyik, Kita semua… Asyik.

Untuk tampil di panggung resepsi pernikahan ini Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku, beberapa kali berlatih di Jakarta. Terakhir, para menteri juga melakukan gladi bersih di Yogyakarta. “Jadi kalau malam kita latihan, ada beberapa kali ya. Dulu saya memang suka ngeband waktu masih kuliah,” ucap Menteri yang menjadi drummer tersebut.

Dia pun bertanya kepada awak media dengan penampilan para menteri di panggung musik dadakan tersebut.” Gimana, masik OK kan, memang untuk lagu Ku Tak Bisa agak sulit, tapi lancar kan,” pungkas Basuki yang begitu semangat dan piawai menggebuk drum.

 

Sumber : SindoNews