Desa Merdeka -BandungĀ : Video orang utan tengah menghisap rokok beredar di media sosial. Video itu pertama kali diunggah oleh pemerhati satwa Marison Guciano melalui laman facebook pribadinya.

Dari keterangannya, video berdurasi lima puluh sembilan detik itu terjadi di Kebun Binatang Bandung. Awalnya dalam video memperlihatkan suasana pengunjung yang tengah melihat tingkah laku orang utan.

Tiba-tiba salah seorang pengunjung yang mengenakan kaos berwarna hitam melemparkan rokok yang tengah dihisapnya kedalam kandang orang utan. Kemudian orang utan itu mengambil rokok tersebut dan menghisapnya layaknya manusia.

“Orang utan di Kebun Binatang Bandung ini diberi rokok oleh pengunjung yang bodoh. Pengunjung tidak tahu bagaimana cara menangani hewan, namun kurangnya pengawasan oleh pengelola kebun binatang adalahjuga persoalan, dan merupakan salah satu isu yang harus diatasi. Indonesia saat ini membutuhkan standar kesejahteraan hewan di kebun binatangnya,” tulis Marison melalui facebook pribadinya, Selasa (6/3/2018).

Saat dikonfirmasi mengenai video tersebut, Marison membenarkan bila itu adalah video yang diunggahnya. Video itu diambil oleh salah satu relawan di Kebun Binatang Bandung, pada hari Minggu (4/3/2018) lalu.

“Ada orang pengunjung lempar rokok ke kandang orang utan dan orang itu mengambil dan merokok. Kejadiannya di Kebun Binatang Bandung, Minggu, 4 Maret. (Kebetulan) ada relawan saya yang kesana,” kata Marison, saat dihubungi, Selasa (6/3/2018).

Dia mengaku prihatin atas kejadian tersebut. Para pengunjung harusnya bisa ikut menjaga binatang-binatang yang tinggal di kebun binatang. Bukan malah ikut menyiksa dengan tindakan-tindakan tak terpuji.

“Untuk Kebun Binatang Bandung tidak memungkiri ada perbaikan pertama perbaikan kandang beruang. Tapi itu belum cukup. Hal penting juga masalah edukasi kepada pengunjung dan pengawasan itu juga penting. Karena tidak semua pengunjung cerdas ada juga yang bodoh seperti kasus lempar rokok ke kandang orang utan ini,” ucapnya.

Marison berharap, kejadian ini bisa menjadi perhatian bagi pemerintah. Salah satunya dengan membuat standar kesejahteraan satwa di Kebun Binatang.

“Saya minta pemerintah membuat standar kesejahteraan satwa di kebun binatang. Itu harus menjamin 5 prinsip kesejahteraan satwa. Tidak hanya kebutuhan makan, tapi diberlakukan secara alami dan lain-lain itu,” tandasnya.

Sumber : detikNews